• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Polresta Medan Rekayasa Lalu Lintas Jelang Tahun Baru, Kapolda Ingatkan Pengendara Berhati - Hati

31 December
18:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Jelang malam pergantian tahun baru 2020, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan akan menerapkan rekayasa lalu lintas dan sistem buka tutup persimpangan jalan.  Hal ini dilakukan untuk menghindarkan kemacetan di ruas jalan Kota Medan yang dijadikan titik pusat keramaian saat malam pergantian tahun baru. 

Pada malam pergantian tahun baru di Kota Medan yang bakal menjadi pusat titik keramaian, Kepolisian Polrestabes Medan melakukan rekayasa arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi kemacetan. Selain di Kota Medan, di sejumlah kabupaten dan kota di Sumut juga dilakukan rekayasa dan menerapkan sistem buka tutup jalan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Siregar mengatakan, pengamanan di jalan raya juga menjadi prioritas kepolisian jelang pergantian malam tahun baru. Mengingat pada operasi lilin toba 2019, sudah ada beberapa kasus menonjol laka lantas yang terjadi. Salah satunya menewaskan satu personel kepolisian saat melakukan tugas Lilin Toba 2019.

“Sampai saat ini situasi wilayah Sumut untuk laka lantas yang menonjol ada tiga yang mengambil nyawa anggota kami satu dan yang tabrakan beruntun di jalan tol KM 58,” ucap Kapolda, usai apel pasukan pengamanan malam tahun baru, di Lapangan Benteng Medan, Selasa (31/12) sore.

Jenderal bintang dua itu juga mengimbau masyarakat untuk berhati – hati berkendara di jalan raya, serta mematuhi tata tertib berlalu lintas. Selain itu, bagi pengendera untuk saling menghormati untuk menghindarkan terjadinya kecelakaan yang bisa timbul korban jiwa. Termasuk tidak memaksakan kehendak melakukan perjalanan jika dalam kondisi lelah. Pihaknya mengimbau untuk istirahat sejenak di lokasi rest area yang telah disediakan di ruas – ruas jalan tol.

“Sekaligus saya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan raya, kita harus berhati – hati menggunakan jalan dan hargai pengguna jalan lain karena jalan itu milik bersama. Tetap waspada, apabila sudah lelah silahkan istirahat di rest area yang ditentukan,” pesan Kapolda Sumut.

Sementara itu untuk pengalihan arus lalu lintas di Kota Medan, kendaraan yang melaju dari Jalan Puteri Hijau (depan Podomoro) bisa belok ke kiri ke jalan Guru Patimpus dan belok ke Kanan Jalan Perintis Kemerdekaan. Kemudian arus lalulintas dari jalan Merak Jingga belok ke kanan menuju Jalan Perintis kemerdekaan. Arus lalulintas dari Jalan Gaharu belok ke kiri menuju jalan perintis kemerdekaan. Selanjutkan arus lalu lintas Jalan Jawa Satu arah menuju Jalan MT Hariyono dapat melalui Jalan Sutomo.

Begitu juga untuk sejumlah persimpangan akan dilakukan sistem buka tutup yakni persimpangan Jalan Imam Bonjol dan Raden Saleh. Persimpangan Jalan Palang Merah dan jalan Ahmad Yani, Persimpangan jalan perniagaan dan jalan Palang Merah, persimpangan Jalan kereta api dan pulau pinang, serta persimpangan jalan Pulau Pinang dan Quangju. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00