• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata & Budaya

Festival Danau Toba Dibuka 9 -12 Desembar 2019 , Akan Pecahkan Rekor MURI Pemakaian Bulang Sulappei

5 December
20:55 2019
0 Votes (0)



KBRN , Medan  : Ada yang berbeda  dalam   Penyelenggaraan Festival Danau Toba (FDT) tahun  2019 . Pasalnya  FDT yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI, Badan Otorita Danau Toba, 8 Kabupaten di kawasan Danau Toba itu , akan dimeriahkan dengan pemecahan rekor muri pemakaian Bulang Sulappei terbanyak. 
Festival Danau Toba , akan diselenggaarakan di Parapat  Kabupaten  Simalungun  pinggiran Danau Toba  mulai  tanggal 9  sampai  12 September 2019. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu -Ria Nofida Telaumbanua - pada saat konferensi pers pelaksanaan FDT 2019, di ruang pers, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro, Medan, Kamis (5/12). Diupayakan 1000 orang akan memecahkan rekor tersebut. “Kita tidak hanya sekadar dipakai, pada saat bersamaan, ada seni melipat sulappei,” ujar Ria.


Pemecahan rekor MURI pemakaian Bulang Sulappei dipilih dalam rangkaian FDT lantaran kain tenun asal Simalungun ini sudah jarang digunakan. Hal tersebut juga dilakukan guna melestarikan budaya asli Simalungun.


“Jadi FDT ini juga tujuannya menunjukan  seni  budaya asli daerah, jadi ini yang bisa dilakukan masyarakat atau wisatawan mengenal kebudayaan Simalungun,” kata Ria.


Selain itu, masih banyak agenda acara yang akan diadakan pada Festival Danau Toba 2019. Lomba Ucok Butet, koor Raksasa, tari kolosal saoan, tari kolosal multi etnik, pelepasan balon dan lampion, hiburan rakyat, lomba paduan suara, lomba Solubolon, lomba fotografi, lomba vokal grup, pameran UKM dan lainnya.


Acara utama FDT dilaksanakan mulai tanggal 9-12 Desember 2019.   Menurut Ria   FDT  tahun ini dilaksanakan  dengan  3 tahap,   yakni pra FDT, event utama, serta setelah FDT. " sebelum Dibuka Secara Resmi Berbagai kegiatan  seperti  Kejuaraan Rally , Penanaman pohon , Pembersihan  Danau  sudah digelar sejak 23 Nopember lalu. kata Ria

Tahun ini Festival Danau Toba akan diadakan bersamaan dengan North Sumatera Music Festival 2019. Serta jika tidak ada halangan, FDT akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.


Selain   kegiatan seni dan budaya ,  juga  diadakan  agenda lomba lari 10-k yang pesertanya tidak hanya berasal dari dalam negeri ,   api juga ada yang mendaftar dari  Kenya  dan Malaysia " Kehadiran para Peserta Lomba  lari 10 K  itu , tentu akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Danau Toba pada saat FDT berlangsung" ujar Ria.( Rahmi Siregar )

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00