• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU 2019

Media Massa Berperan Penting Sukseskan Pilkada 2020

2 December
17:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Media massa memiliki peran penting dalam menentukan suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan 2020. Terutama dalam menangkal hoaks atau informasi bohong yang dapat merugikan semua pihak.

Hal itu ditegaskan Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik saat pembentukan Media Center KPU Kota Medan di Kantor KPU Medan, Senin (2/12/2019).

Agus menyebutkan, pentingnya peran media karena dapat menyampaikan informasi yang edukatif kepada masyarakat terutama dalam menghempang hoaks dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Ia menceritakan pengalaman KPU Medan saat diserang hoaks beberapa waktu lalu.

"Klarifikasi melalui media massa inilah yang kami harapkan dapat menghempang hoaks itu," ujarnya.

Anggota KPU Medan Rinaldi Khair menambahkan, media massa diharapkan tetap independen dalam menyampaikan pemberitaan terkait Pilkada.

“Media massa harus tetap berjalan pada koridor yang sesuai dengan fungsi pers. Kepercayaan publik kepada KPU selaku penyelenggara maupun kepada para calon, kuncinya adalah transparansi dari media itu sendiri," katanya.

Hal senada disampaikan anggota KPU Medan lainnya, Zefrizal. Ia yakin dengan kerjasama yang baik dari kalangan media massa, maka partisipasi masyarakat pada Pilkada Medan 2020 akan meningkat.

"Tingkat partisipasi yang sudah diraih pada Pemilu yang lalu 78 persen, kami harapkan bisa dipertahankan dan kita upayakan ditingkatkan," sebutnya.

Dalam pembentukan media center KPU Medan tersebut, Amru Lubis terpilih menjadi koordinator didampingi Jonris Purba sebagai sekretaris pokja.

Anggota KPU Medan divisi Partisipasi masyarakat Edi Suhartono, berharap terbentuknya media center ini menjadi pintu informasi Pilkada Medan 2020.

"Kami yakin media massa yang tergabung dalam media center KPU Medan ini merupakan media yang kompeten. Dengan demikian informasi yang disampaikan sangat mendidik," pungkasnya.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00