• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Program Pintar Tanoto Foundation Perlu Berkelanjutan, Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sumut

28 November
22:27 2019
2 Votes (4)

 KBRN Medan : Program   PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran),    Tanoto Foundation,  yang sudah Dilaksanakan  di berbagai Sekolah Mitra Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Di Sumatera Utara  dalam  Dua tahun terakhir ini, perlu terus ditingkatkan  secara  berkesinambungan . Hal itu Disampaikan  Wakil Rektor satu  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara – UINSU –Prof. Syafaruddin -, disela acara Pertemuan Tehnis  Program Pintar  Tanoto Poundation   yang dikuti LPTK UINSU  Dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Serta  Para Kepala Sekolah Mitra LPTK  di hotel Grand Marcure Medan , Kamis (28/11).

Selaku  LPTK Mitra  -  Prof. Syafaruddin  menilai  Program Pintar  Tanoto Poundation yang dilakukan  dalam  upaya meningkatkan pendidikan dasar di Sumatera Utara  dengan memperbaiki kualitas pembelajaran dan kepemimpinan sekolah  melalui  pelatihan pelatihan,   sangat Positif  untuk Pengembangan  kemapuan dan  Kompetensi  Guru  “  Pengembangan Keperibadian , Perofesionalisme   dan  Sosial  Guru serta Kompetensi Leadersip  Kepemimpinan para  kepala Sekolah yang kondusif untuk Perubahan dalam pola Pembelajaran dan meningkatkan manajemen sekolah secara keseluruhan.  “ kata Prof. Syaruddin.    

Menurut Syafruddin , Program Pintar yang digagas Tanoto Foundation ini dinilai mampu meningkatkan ilmu baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta inovasi pembelajaran di kelas. "Suasana kelas semakin kondusif, intimidasi berkurang dan suasana kelas nyaman.  Muncul iklim baru karena semua stekholder dilibatkan dalam program Pintar tersebut," ujarnya.

 

Sementara Wakil Rektor I UMSU, Dr M Arifin Gultom SH MHum, dalam pemaparannya mengatakan, apa yang sudah dilakukan Tanoto Foundation dalam upaya penanaman membaca dan melalui Program Pintarnya jangan disia siakan, karena hal itu berkontribusi besar dalam kemajuan pendidikan.

 

"Kita semua harus punya komitmen yang sama, baik dari guru sekolah, mentor dari LPTK maupun kepala sekolah itu sendiri. Jika guru guru ya siap, tapi Kepala Sekolahnya tidak punya komitmen untuk pengembangan sekolah, repot juga," katanya.

 

Menurut  Arifin  Program Pintar yang digagas oleh Tanoto Foundation  kedepannya  terus berjalan dan menambah mitra sekolah agar para guru di daerah mampu mengembangkan inovasi serta meningkatkan kualitas pembelajaran. "Meskipun Program Pintar ini baru berjalan, namun manfaatnya sudah terasa, baik  bagi murid maupun guru mendapatkan manfaat yang sama. Guru sambil mengajar dia meneliti dan belajar, murid menjadi nyaman belajar di dalam kelas karena inovasi," katanya.

Pertemuan Teknis  Program Pintar Tingkat  Provinsi Sumatera Utara itu ,  di ikuti  Seluruh Kepala  Sekolah Mitra LPTK UINSU  dan LPTK UMSU ,  Pemilik Yayasan  dan  para Dosen  Mitra  LPTK . ( Rahmi Siregar ) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00