• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

GrabKichen Hadir Di Medan , Guna Mendukung Pertumbuhan UMKM Lokal

27 November
19:55 2019
0 Votes (0)


KBRN Medan :  Aplikasi Grab memperluas jaringan   GrabKichen  dengan membuka could kitchen  untuk  Dua lokasi  di Medan. Melalui layanan ini, para pelanggan bisa memesan makanan dari berbagai merchant yang berada di satu lokasi GrabKitchen, dan menggabungkannya dalam sekali pengiriman.

“GrabFood akan mengoperasikan 30 GrabKitchen di seluruh Indonesia yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali dan Medan. Di Medan sendiri pada November ini meluncurkan dua lokasi, yakni GrabKitchen Polonia dan GrabKitchen Pahlawan,” kata Ichmeralda Rachman, Head of Marketing Grab Food and New Business, Grab Indonesia, di Medan, Rabu (27/11/2019).

Menurut Ichmeralda , pertumbuhan platform pesan-antar makanan di enam pasar Asia Tenggara tumbuh hingga 900 persen. Di Indonesia, GrabFood tumbuh tiga kali lipat dalam setahun. Melalui GrabKitchen, kini UMKM dapat memperluas bisnisnya tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk pembukaan outlet.

“Kehadiran GrabKitchen di Medan diharapkan dapat menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan perekonomian. Apalagi UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia,” ujarnya.

Ichmeralda mengatakan , pemilihan lokasi GrabKitchen dilakukan berdasarkan analisis  terhadap data mengenai pola perjalanan dan pemesanan makanan para pelanggan GrabFood. Analisa itu lalu digunakan untuk menentukan kategori merchant yang akan menempati dua titik GrabKitchen di Medan.

“GrabKitchen telah bekerja sama dengan sejumlah merchant favorit di Medan, seperti Ayam Goreng Karawaci, Sate Padang Sate Padang Kacang Alida Chaniago, Es Campur Acuan, Warung Bos Gila Bos dan Ayam Geprek Mbak Judez,” ungkap Ichmeralda.

Lebih lanjut  Ichmeralda menyebutkan , Berdasarkan Data  Perhitungan dari PBS Kota Medan pada tahun 2018 , Industri pengolahan  merupakan  salah satu   kontributor  terbesar dalam pertumbuhan Eonomi di kota Medan. Dari total nilai Industri Pengolahan   itu ,   61, 46 %  diantaranya mencakup Industri Makanan Dan Minuman . Hal ini membuktikan  Industri  makanan dan Minuman  memeiliki pengaruh besar .
Selain itu    kata  Ichmeralda, dari hasil Risert Center For Strategi  Ang Internasional Study - CSIS dan Tenggara Strategics  juga menunjukkan bahwa kontribusi GrabFood di Kota Medan telah mencapai Rp 1,03 triliun. Penjualan rata-rata mitra merchant GrabFood juga meningkat sebesar 19% menjadi Rp 1,8 juta/hari dari Rp 1,5 juta/hari sebelum bermitra dengan GrabFood. 
 
 dalam kesempatan  itu Owner Ayam Goreng Karawaci Medan, Fahmi Al Syahid mengakui, sejak bergabung dengan GrabFood bisnisnya telah berkembang pesat. Hal inilah yang menjadi alasan untuk menyambut baik kesempatan bekerja sama dengan GrabKitchen.

Fahmi mengatakan, salah satu tantangan utama untuk mengembangkan bisnis adalah tingginya biaya yang diperlukan untuk membuka restoran atau cabang baru.
“Melalui GrabKitchen, kami dapat memangkas biaya ini dan berfokus pada sisi operasional serta pelayanan terhadap konsumen. Saya berharap kesempatan ini akan terbuka lebar bagi lebih banyak merchant dan GrabKitchen juga dapat tumbuh lebih besar lagi di masa depan,” jelasnya.( Rahmi Siregar )

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00