• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

18 Orang Tersangka Paska Bom Bunuh Diri Di Polresta Medan

16 November
19:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Tiga hari paska peristiwa bom bunuh diri di Polrestabes Medan yang dilakukan pelaku Rabbiah Muslim Nasution (RMN) alias Dedek, tim Densus 88 anti teror Mabes Polri telah mengamankan 18 orang di berbagai lokasi. Mereka yang ditangkap merupakan terduga teroris dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Pada Sabtu (16/11) siang, tim Densus 88 anti teror kembali menangkap 8 terduga teroris, 2 diantaranya tewas di tempat. Penangkapan pertama dilakukan di Kawasan Jalan Desa Kota Datar, Dusun I Kikik, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli serdang, Sabtu (16/11) siang. Tim gabungan berhasil mengamankan tiga terduga teroris, dua diantaranya tewas. Mereka yakni A,K, dan P. Namun, satu anggota polisi mengalami luka tusuk dan di rawat di RS Bhayangkara Medan.

Kemudian penangkapan kedua, tim Densus 88 juga berhasil mengamankan dua terduga di Jalan Panglima Denai Simpang Jermal VII. Serta tiga terduga teroris juga diamankan  dari Provinsi Aceh. Total sudah ada 18 terduga teroris yang diamankan, dan semuanya berstatus tersangka. Terrmasuk istri RMN berinisial D juga ditetapkan sebagai tersangka.

“Total semua ada 18 orang. Hari ini tiga ditangkap di Aceh, tiga di Hamparan Perak, dan dua di Jermal.  Semuanya tersangka ada laki – laki dan perempuan. Semua diperiksa di Mako Brimob dan penangkapannya dilakukan di Mabes. Mereka ini satu rangkaian. Termasuk istri RMN,” ucap Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto di RS Bhayangkara.

Dalam operasi penangkapan terhadap para terduga teroris paska bom bunuh diri di polresta Medan, turut diamankan 1 senjata api rakitan, 2 buah senjata tajam, serta rangkaian bom yang dibuang di kawasan Sicanang, Belawan. Serta sejumlah bahan – bahan yang siap diracik untuk merakit bom juga telah diamankan. “Ada Senpi satu kemudian senjata tajam dua. Kemudian rangkaian bom yang dibuang di Sicanang sudah berhasil ditemukan. Dan beberapa bahan – bahan yang sudah siap diracik ini berhasil di amankan di salah satu lokasi,” ungkapnya.

JARINGAN MELUAS

Lebih lanjut dikatakan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, pihak Densus 88 bersama Polda Sumut masih akan terus melanjutkan penangkapan terhadap sejumlah teroris di wilayah Sumut, demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Diakui Kapolda, jaringan pelaku kali ini sangat banyak tersebar di Sumut. Namun, Agus enggan menyebut para terduga yang telah diamankan masuk dalam jaringan tertentu, karena akan disampikan langsung oleh Mabes Polri.

“Masih lanjut karena demi memberikan rasa aman kepada masyarakat. Pasca kejadian bom bunuh diri yang terjadi Polrestabes Kota Medan, jaringan pelaku ini cukup banyak yang ada di Sumut, Ini akan kita lakukan upaya penindakan untuk rasa aman bagi masyarakat Sumut. Dugaan jaringan nanti dari Densus ya. Secara umum hasil semua penangkapan disampaikan oleh Mabes Polri. Ini hanya informasi awal kepada rekan – rekan sehingga ada informasi perkembangan kasus bom bunuh diri,” tegas Agus. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00