• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pengamanan Di Mako Jajaran Poldasu Diperketat

14 November
16:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Peristiwa bom bunuh diri di Mako Polrestabes Medan, pada Rabu (13/11) pagi, Wakapolda Sumut Irjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengintruksikan seluruh jajaran Polres dan Polsek meningkatkan proses keamanan di tiap - tiap markas. Diakui Mardiaz, pengamanan ekstra bahkan telah dilakukan jauh - jauh hsri. Namun, di satu sisi, hal itu jangan sampai mengganggu tugas polri dalam memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat.

"Pengamanan di Mako ini sudah bukan dari kemarin kita tingkatkan ya. Sejak bertahun - tahun yang lalu sejak ada serangan - serangan teroris. Tetapi, Polri itukan pelayanan publik ya. Ada SKCK, SIM, kemudian laporan polisi ke bagian Reskrim sehingga kalau kita terapkan seperti masuk hotel bintang lima kita takutnya menghambat," jawab Mardiaz usai hadiri peringatan HUT Korps Brimob ke 74, di Mako Brimob Polda Sumut, Kamis (14/11) pagi.

Lebih lanjut ditambahkan Mardiaz, terduga pelaku bom bunuh diri bisa lolos dari pemeriksaan karena memanfaatkan momen di tengah - tengah pengurusan SKCK di Polres untuk kepentingan pendaftaran CPNS. Meski secara SOP anggota polisi sudah lakukan pemeriksaan dua kali dengan melakukan isi tas ransel dan sempat menegur terduga dua kali untuk membuka jaket. 

"Kalau kita lihat kejadian kemarin sebelum pelaku ini masuk Polrestabes Medan dia sudah digeledah oleh anggota. Jadi, ketika anggota ada yang mengatur lalu lintas di polres, sudah mencurigai pelaku ini. Suruh buka jaketnya, cek ranselnya. Kemudian dari CCTV juga kita lihat dia masuk bersamaan dengan pemohon SKCK. Kalau di Polrestabes kan apel jam 9. Jam 8 itu sudah banyak pemohon SKCK, sehingga kemarin itu menyusup dengan pemohon SKCK. Kita saat ini juga tetap meningkatkan pengamanan Mako ya, di polres dan Polsek. Kita harapkan juga masyarakat bila ada melihat orang - orang tidak kenal baru masuk atau menyebarkan paham - paham yang bertentangan dengan pancasila tolong sampaikan kepada kita," ucapnya. 

Saat ini, kepolisian telah mengamankan tiga saksi yang merupakan keluarga dari terduga pelaku bom bunuh diri di Mako Polrestabes Medan bernama Rabbial Muslim Nasution. Ketiganya Dewi (istri), serta Andi Syahputra dan Tuti (mertua). Mereka saat ini diperiksa di Mako Brimob Polda Sumut. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00