• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Paska Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Sumut Kondusif

20 October
18:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) bersama jajaran Kodam I Bukit Barisan (BB), melaksanakan patroli bersama, dalam rangka pengamanan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024. Patroli yang dilaksanakan di sejumlah jalan di wilayah Kota Medan, pada Minggu (20/10, untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo – Ma’aruf Amin. 

Patroli dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto serta Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadillah. Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, pengamanan yang dilakukan aparat gabungan TNI/Polri serentak secara nasional. Patroli dilakukan untuk memastikan kondisi Kamtibmas di Medan khususnya aman dan kondusif, baik sebelum maupun sesudah pelantikan.

“Secara nasional jajaran aparat kemanan TNI/ Polri bersama – sama dengan masyarakat lainnya tentunya hari ini adalah momen besar yang ditunggu dan dinantikan kita semua. Beberapa pejabat negara dengan perwakilannya juga hadir dalam rangka menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden hasil Pemilu 2019,” ucap Kapolda Sumut.

Dikatakan Kapolda, fokus pengamanan dilakukan di sejumlah objek vital seperti kantor Dean Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut dan Medan, Lapangan Merdeka, dan tempat – tempat keramaian. “Jajaran Polda Sumut berikut aparat keamanan, pengamanan dilakukan di beberapa titik, seperti di DPRD, lapangan merdeka, dan beberapa objek vital dilakukan pengamanan. Hari ini, kita merealisasikan kegiatan yang kita laksanakan pada hari Jumat lalu. Kita konsolidasi sambil panggung prajurit yang kita laksanakan,” kata Kapolda. 

Agus mengajak seluruh masyarakat untuk bisa bersama – sama menjaga stabilitas keamanan di Sumut, demi menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia kepada para tamu undangan negara yang hadir di prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden. “Harapannya hari ini kita bisa memberikan kontribusi bagi bangsa ini untuk menjaga stabilitas keamanan bersama – sama untuk memberikan penghormatan kepada pimpinan negara kita sekaligus menjaga nama baik bangsa ini dari hal yang tidak kita inginkan. Tentunya dalam rangka prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2024,” harap Agus.

Lebih lanjut Agus menegaskan, pengamanan dilakukan tidak hanya untuk menjaga fasilitas milik negara, namun juga fasilitas milik masyarakat serta lokasi yang menjadi pusat kegiatan. Bahkan, untuk menghindari adanya gangguan Kamtibmas, pihaknya juga menggunakan pendekatan preventif. “Kami dengan jajaran TNI Sumut sangat solid. Kita kerja sama tidak hanya mengamankan fasilitas vital milik negara, namun juga fasilitas yang dimiliki oleh masyarakat dan kegiatan – kegiatan masyarakat. Pendekatan prentif dan preventif kita lakukan. Kita siap melakukan tindakan hukum apabila ada hal yang bisa mengganggu stabilitas kamtibmas,” tegas Kapolda.

“Alhamdulillah hari ini, ada elemen masyarakat yang lakukan unjuk rasa, tapi mereka himbauannya menolak radikalisme. Artinya, bahwa tetap menjaga keamanan dan ketertiban wilayah ini. Saya yakin, ini hajatan kita bersama,” sambung Agus.

Sementara Pangdam I Bukit barisan Mayjen TNI MS Fadillah mengatakan, jajaran TNI pada dasarnya siap membantu kepolisian dalam rangka pengamanan di wilayah Sumut termasuk saat pelantikan presiden dan wakil presiden. Pangdam menegaskan, sejauh ini kondisi kamtibmas di Sumut relatif kondusif dan kondusif.

“TNI siap membantu kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini adalah polda Sumut. Hari ini, seperti yang anda lihat di Sumut relatif aman dan tentu ini adalah ada kesadaran kolektif dari semua pihak untuk bisa menjaga, mengamankan wilayah Sumut,” tegas Pangdam I/BB.

Dikatakan Pangdam, kekondusifan wilayah Sumut tidak akan tercipta tanpa ada kesadaran dari semua pihak termasuk masyarakat untuk sama – sama menjaga keamanan dan ketertiban. Fadillah berharap kesadaran semua pihak dalam pentingnya menjaga stabilitas keamanan negara harus ditanamkan sampai kapanpun. “Kita tentu bekerja sama, bersama – sama dengan Polda dan jajaran TNI dari angkatan laut, udara dan darat. Tapi, kalau tidak didukung oleh semua pihak karena kesadaran untuk menjaga, tentu tidak seperti sekarang. Mudah – mudahan ini bisa terjaga, terpelihara sampai kapanpun. Karena negeri ini adalah negeri kita yang memajukan kita sendiri. Saya yakin ini juga bagian dari teman – teman media memberitakan dan menyampaikan hal – hal yang positif, sehingga situasinya bisa seperti sekarang yang kita rasakan,” harapnya. 

Patroli dilakukan dengan cara berkeliling melintasi sejumlah jalan di kawasan kota Medan dengan menggunakan kendaraan sepeda motor yang diikuti para personel TNI/Polri. Patroli dimulai dari jalan Pangeran Diponegoro dan berakhir di Jalan Bukit Barisan, tepatnya di lapangan Merdeka Medan. Patroli ini sudah berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (18/10) lalu. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00