• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU 2019

Ombudsman Gelar Pekan Pelayanan Publik, Ada Layanan SIM Hingga Paspor

14 October
21:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara menggelar Pekan Pelayanan Publik dengan melibatkan 11 instansi penyelenggara pelayanan publik. Masyarakat dapat mengurus beragam pelayanan publik di event tersebut, mulai dari pengurusan SIM hingga pembuatan paspor.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menjelaskan, kegiatan yang akan dilaksanakan di Pendopo/Gedung Pancasila Kampus USU, pada 23 Oktober mendatang itu menggandeng 11 instansi yang akan memberi layanan di lokasi acara.

Di antaranya Polrestabes Medan dengan layanan pengurusan SIM C baru, perpanjangan SIM A dan SIM C serta layanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Disdukcapil Medan juga akan hadir dengan layanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) serta pengambilan KIA yang sudah selesai.

"Kemudian Imigrasi Kelas I Khusus Medan juga memberi layanan pembuatan paspor, serta BPJS Kesehatan yang akan menampilkan 9 jenis layanan seperti pendaftaran baru peserta PBPU/Mandiri, perubahan Faskes tingkat pertama, perubahan status kepesertaan dan sebagainya," kata Abyadi di Medan, Senin (14/10/2019).

Abyadi menambahkan, selanjutnya ada Dinas Penanaman Modal (DPM) Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Medan juga akan hadir dengan layanan perbantuan izin usaha mikro kecil dan layanan informasi perizinan lainnya. Serta Dinas Sosial Kota Medan akan hadir dengan layanan Penerbitan Surat Keterangan miskin usulan Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP), layanan Surat Rekomendasi Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI, Penerbitan Surat Rekomendasi Rehabilitasi Narkoba, Penerbitan Surat Keterangan Tidak Mampu/Miskin, dan sebagainya.

Sementara Koordinator penyelenggara Pekan Pelayanan Publik Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Edward Silaban lebih menyampaikan, bagi masyarakat yang membutuhkan layanan tersebut, dipersilakan datang ke arena Pekan Pelayanan Publik Tanpa Maladministrasi di Pendopo USU. Edward mengingatkan, agar masyarakat yang ingin mendapatkan layanan, membawa syarat-syarat yang dibutuhkan.

"Misalnya, untuk mengurus SIM C baru cukup membawa KTP dan smartphone untuk ujian tertulis. Untuk memperpanjang SIM A dan C membawa syarat seperti SIM lama, fotocopy KTP dan surat kesehatan," jelasnya.

Edward Silaban menambahkan, kegiatan tersebut hanya berlangsung satu hari. Karena itu, kepada masyarakat yang ingin mendapatkan layanan, agar segera datang ke lokasi acara dengan membawa syarat syarat yang sudah ditetapkan.

Dalam acara tersebut juga akan ada dialog interaktif "Pelayanan Publik Tanpa Maladministrasi" yang akan disiarkan langsung melalui Pograma 1 RRI Medan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00