• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

3 Atlet NPC Sumut Ikut Seleknas APG Filipina

15 September
18:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Pengurus Provinsi (Pengprov) National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara kembali mengirimkan tiga atletnya mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) untuk masuk ke Pemusatan latihan Nasional (Pelatnas).

Seleknas ini merupakan ajang promosi dan degradasi bagi atlet pelatnas dan non pelatnas, yang dipersiapkan berlaga di ASEAN Para Games 2020 di Filipina awal Januari. Seleknas akan dilaksanakan untuk cabang olahraga atletik, di Stadion Universitas Negeri Semarang (UNS) mulai 20 hingga 21 September mendatang.

Tiga atlet NPC Sumut yang mengikuti seleknas berasal dari cabang olahraga atletik. Ketiganya antara lain M Habil di nomor 100 dan 200 meter T13 putra, Familius nomor 800 dan 1500 T13 putra, Siti nomor tolak peluru T13 putri.

Ketua umum NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengungkapkan, seleknas yang dilaksanakan PB PCI pusat tentu dalam rangkaian promosi dan degradasi atlet yang akan tampil di ASEAN Para Games 2020. Seleknas kali ini merupakan kesempatan bagi atlet non pelatnas menunjukkan kepada PB PCI bahwa mereka bisa dan layak masuk ke pelatnas.

“Seleknas akan dimulai 20 hingga 21 September di Solo. Sistimnya memang terbuka untuk acara seleksi promosi dan degradasi pelatnas ASEAN Para Games 2020 di Filipina. Jadi, diberikan kesempatan atlet non pelatnas itu supaya masuk ke tim. Jadi, nanti diadu atlet daerah dengan pelatnas. Siapa yang unggul dia yang masuk pelatnas,” ucap Alan, Minggu (15/9).

Terkait peluang tiga atlet Sumut pada seleknas kali ini, dikatakan atlet yang juga akan tampil di ASEAN Para Games ini tentu sangat terbuka lebar. Sebab, sebelum mengikuti pelatnas, mereka yang terpilih hasil pemantauan yang sangat selektif, baik dari hasil kejuaraan provinsi maupun laporan dari masing – masing pelatih.

“Dari hasil catatan, kita lihat limit mereka  itu melalui Peparprov dan peningkatan prestasi sesuai dengan laporan masing – masing pelatih. Minimal mereka bisa bersaing dengan atlet pelatnas sekarang, atau bahkan bisa melampaui atlet pelatnas dari tiga ini. Makanya, kemarin kita benar – benar selektif, siapa yang mau kita bawa ke seleknas. Minimal mendekati limit ASEAN Para Games,” ucap Alan.

Alan pun optimis atlet Sumut bisa lolos ke Pelatnas untuk mewakili Indonesia di ajang multi event olahraga paralimpik tertinggi tingkat ASEAN itu. Apalagi atlet NPC Sumut yang saat ini berada di pelatnas didominasi dari cabor atletik. “Kita berharap dan berdoa semoga ketiga atlet ini bisa lolos pelatnas,” harap Alan.

Sementara M Habil mengaku telah mempersiapkan diri dengan menjalani latihan keras di daerah sebelum mengikuti seleknas.  Habil bertekad bisa lolos pelatnas, demi bisa tampil di ASEAN Para Games 2020.

‘Ini kesempatan yang sangat baik, dan tidak akan saya sia – siakan. Meski pesaing di Pelatnas sangat banyak, saya optimis bisa lolos pelatnas. Sebelum seleknas, saya akan terus perbaiki catatan waktu saya,” tekad Habil.

Saat ini, catatan waktu terbaik Habil di nomor 100 meter T13 putra yakni 11,34 detik, sedangkan rekor limit ASEAN Para Games 11,30 detik. Kemudian untuk catatan Familius di nomor 800 meter T13 putra adalah 2 menit 10 detik sedangkan rekor ASEAN Para Games 2 menit 08 detik. Serta lemparan terjauh Siti di tolak peluru yakni 10,02 meter sedangkan limit ASEAN Para Games 9,80 meter. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Dadan SF

    System Admin RRI Medan<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00