• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jemaah Meninggal Saat Lontar Jumrah di Mina Berkurang

13 August
23:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makkah : Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat selama proses lontar jumrah di Mina bertambah menjadi 16 orang. Jumlah tersebut jauh lebih rendah bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Daerah Kerja Madinah yang juga Kepala Satgas Mina, Akhmad Jauhari mengatakan, sebagian besar jemaah wafat adalah mereka yang berusia lanjut dan menderita penyakit bawaan.

Berdasarkan data tersebut hingga Senin (12/8/2019) malam Waktu Arab Saudi (WAS), 16 jemaah meninggal dunia. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, jemaah meninggal lebih dari 25 orang.

"Selama periode Mina ini tercatat ada 16 jemaah yang meninggal selama prosesi (lontar jumrah). Kalau lihat data dalam sistem, ini tidak terlalu banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Jauhari di Mina, Makkah, Selasa (13/8/2019).

Jauhari menambahkan, untuk jemaah yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mina juga tidak banyak, hanya sekitar 10 orang karena kebanyakan dievakuasi ke KKHI Makkah atau Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

"Prosesnya ketika jemaah itu sangat ngedrop langsung dievakuasi ke KKHI Makkah maupun Rumah Sakit Arab Saudi untuk stabilisasi," imbuh Jauhari.

Dikatakan Jauhari, jemaah wafat kebanyakan telah berusia lanjut antara 60 hingga 90 tahun. Menurut Direktur KKHI Madinah, Amsyar Akil, kebanyakan jemaah wafat karena penyakit bawaan seperti jantung dan paru-paru.

Banyak jemaah kelelahan karena berjalan cukup jauh dari maktab ke lokasi lontar jumrah. Sebagian besar jemaah dehidrasi hingga memicu kambuhnya penyakit bawaan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00