• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

E - Tilang Diberlakukan, Denda Maksimal Dijatuhkan

12 May
12:45 2017
1 Votes (4)

KBRN, Dompu :  Operasi patuh Ganesha, Tambora dan Rinjani (Gatarin) 2017 yang digelar Kepolisian Resor Dompu, Nusa Tenggara Barat menggunakan bukti pelanggaran elektronik (e-tilang) kepada para pelanggar lalu lintas. Pemberlakuan sitem elektronik tilang ini, selain memutus rantai birokrasi yang panjang, juga menghindari praktek pungli.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Dompu, Ipda Gede Sukarta, Jum’at (12/5/2017) mengatakan, denda yang dikenakan dalam penilangan ini berlaku maksimal. Pelanggar akan diberi surat tilang warna biru dan segera membayar denda ke BRI.

“Bisa menggunakan ATM, Mobile Banking, Internet Banking ataupun membayar langsung ke teler BRI,” katanya.

Dalam surat tilang tersebut, petuga akan menuliskan denda sesuai pasal yang dilanggar pengendara. Jika pelanggar sudah membayar dendanya, bukti bayar denda tersebut digunakan untuk mengambil barang bukti yang disita petugas saat operasi.

Pemberlakukan e-tilang ini, lanjut Gede, tidak hanya pada saat dilaksanaknnya operasi patuh saja, namun pada penidakan sehar-hari.

“Jadi kalo pengendara, melanggar dan dikenakan tilang, tidak usah ngantri di Pengadilan, cukup bayar di BRI, hari itu juga barang bukti pelangaran bisa diberikan,” katanya.

Ditambahkan, aturan e-tilang merupakan amanah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sehingga program tersebut juga termasuk prioritas Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam rangka memberikan pelayanan publik berbasis teknologi informasi. 

Menurutnya program e-tilang merupakan wujud keseriusan Polri dalam memberikan pelayanan yang terbaik, tercepat dan termudah bagi masyarakat, sehingga warga tidak perlu repot-repot lagi menjalani sidang di pengadilan negeri karena dengan sistim e-tilang semuanya jadi mudah. (din)

  • Tentang Penulis

    Mujtahidin

    Reporter RRI Mataram di Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima, NTB. // WA :0813-5362-5075 // email : mujtahidin@rri.co.id. / didin74dompu@gmail.com // twitter : @didin_rri. // Telegram : @didin_rri_Mataram.

  • Tentang Editor

    RRI Mataram

    System Admin RRI Mataram

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00