• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Gelar Lomba Gerak Jalan Saat UNBK SMK, Pemkab Disorot

3 April
13:23 2017
0 Votes (0)

KBRN, Dompu : Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, terganggu pelaksanaan Lomba Gerak Jalan 8 Kilometer. Lomba yang diikuti ibu-ibu dari SKPD, Sekolah dan Umum itu, dilaksanakan saat SMK menggelar UNBK. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Woja, Abdul Jabar, HAG, Senin (3/4/2017) mengatakan, meski mengganggu tidak langsung, namun kegiatan itu, memecah konsentrasi siswa.

“Seharusnya Pemkab Dompu lebih peka terhadap persoalan ini, atau karena jenjang SMA dan SMK saat ini dibawah Pemerintah Provinsi, sehingga mereka (Pemkab Dompu), tidak peduli lagi,” katanya.

UNBK, lanjut dia merupakan salah satu ornamen penentu kelulusan siswa. Jika konsentrasi siswa terganggu yang mengakibatkan angka kelulusan d Kabupaten Dompu, akan jatuh. Tudingan tersebut beralasan, pasalnya penyelenggara lomba gerak jalan itu, adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu.

PEcahnyakonsentrasi siswa, lanjut dia,hampir setiap peserta gerak jalan menggunakan pengeras suara yang memutar musik-musik beraliran dangdut dan keras. Selain itu, siswa yang sedang mengerjakan soal tidak akan fokus lagi, karena ingin segera menyelesaikan soal ujian untuk menonton lomba tersebut.

Abdul Jabar bermaksud akan mengadukan persoalan ini ke DPRD Dompu, tentunya setelah membuat laporan ke UPT Dikmen Kabupaten Dompu sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan Provinsi.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK yang digelar dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertama tidak menuia kendala yang berarti. Putusnya aliran listrik yang ditakutkan, tidak terjadi pada saat siswa mengerjakan soal.

Namun pantauan RRI di SMKN 1 Woja, satu ruangan untuk melaksanakan UNBK, terpaksa diundurkan. Gangguan jaringan internet akibat minimnya signal, menjadi penyebab diundurnya UNBK di sekolah ini.

“Apalagi sekolah kami ini penangkap sihnalnya dibawah dan sekolah kami di apit oleh gunung. Cuaca tidak bersahabat sedikit, akan menurunkan kualitas signal internet,” kata Ketua Panitia UNBK SMKN 1 Woja, Nasrudin.

Untuk mengatasi persoalan ini, operator dan panitia, memindahkan penagkap signal ke lokasi yang lebih baik.  Di SMK Negeri 1 Dompu, hampir tidak mengalami kendala, hanya saja peseta UNBK sempat terusik akibat musik yang diputas untuk mengiringi peserta gerak jalan.

“Kita sudah lakukan pengujian sebelum pelaksanaan bahkan di cuaca yan sangat buruk. Alhamdulillah tidak mengalami persoalan,” kata Kepala Sekolah SMKN 1 Dompu, A Latif, terpisah.

Sementara itu, hampir seluruh SMK di Kabupaten Dompu, yang menggelar UN, berbasis komputer. Sekolah yang tidak memiliki fasilitas komputer, terutama sekolah-sekolah swasta, melakukan sistem joint scholl ke sekolah-sekolah negeri terdekat.

Sekolah mengambil inisiatif, jika komputer atau laptop disekolah itu kurang, meminjam laptop siswa dan guru. (din)

  • Tentang Penulis

    Mujtahidin

    Reporter RRI Mataram di Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima, NTB. // WA :0813-5362-5075 // email : mujtahidin@rri.co.id. / didin74dompu@gmail.com // twitter : @didin_rri. // Telegram : @didin_rri_Mataram.

  • Tentang Editor

    RRI Mataram

    System Admin RRI Mataram

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00