• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Bumdes diBintuni belum berjalan optimal

4 December
18:47 2019
0 Votes (0)

KBRN Bintuni Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)  di kabupaten Teluk Bintuni sampai saat ini belum berjalan optimal, hal ini disampaikan kepala Bidang pemberdayaan Masyarakat dan administrasi Kampung Agus Wiratno belum lama ini.

Pasalnya, dari sebanyak 115 kampung di Teluk Bintuni, baru sebanyak 34 kampung yang membentuk Bumdes diantaranya berada di distrik Mayado, weriagar, Moskona utara, Tuhiba, Sibena, Kaitaro, Manimeri, dan Distrik Bintuni. Dari bumdes-bumdes ini diantaranya Ada yang sudah mengelola permodalan dan ada yang baru pembentukan pembentukan dan pelatihan.
"kita memantau bumdes ini kayaknya belum optimal, masih perlu pembinaan,  ibaratnya orang kalo mau dipaksakan lari kan gak bisa jadi perlu di Bina" ujar Agus

Tidak optimalnya pengelolaan bumdes menurut Agus dikarenakan masih diperlukannya pembinaan manajemen bisnis yang baik serta studi kelayakan bumdes, "karena kebanyakan mereka kampung sibuk buat bumdes tapi studi kelayakannya tidak dilihat, apa bidang usahanya yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan" jelas Agus.

Dari sebanyak 34 bumdes ini yang saat ini masih berjalan adalah bumdes kampung Waraitama SP 1 yakni usaha bata merah. Tidak optimalnya bumdes ini juga dikarenakan adanya kebiasaan hutang warga yang menyebabkan tidak berjalan baik salah satunya seperti Bumdes yang mengelola sembako di bagian moskona banyak yang hutang sehingga tidak terbayar. 

Tambah Agus, adapun dari 34 bumdes ini bergerak di berbagai macam bidang, diantaranya ada yang dibidang wisata,  sembako, BBM, pengepul udang serta batu merah. (Reporter : Dina Rianti) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00