• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

TNI-POLRI

Peringatan Hari Armada RI ke - 74 di Perbatasan Indonesia - Filipina

5 December
08:46 2019
2 Votes (4.5)

KBRN, Talaud : Di pusatkan di lapangan upacara Makolanal Melonguane, Kamis (5/12/2019) pagi. Pelaksanaan upacara peringatan Hari Armada RI ke - 74 berlangsung khidmat.

upacara yang diinspekturi  Palaksa Pangkalan TNI Angkatan Laut Melonguane Mayor Laut ( KH ) Ramadhan ini diikuti para perwira  staf , bintara dan tamtama di Kesatrian Prajurit Matra Laut, wilayah perbatasan antara Indonesia - Filipina.

Dalam amanat Kepala Staf  Angkatan Laut ( Kasal ) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM yang dibacakan Palaksa Lanal  disampaikan bahwa peringatan Hari Armada RI yang dilaksanakan setiap tahunnya tentunya tidak dimaknai hanya sekedar sebagai kegiatan seremonial semata, karena momentum tersebut memiliki banyak arti bagi segenap prajurit komando armada RI dimanapun bertugas.

" Momen yang khidmat ini harus dimaknai sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Komando Armada RI hingga saat ini masih menjadi pilar TNI Angkatan Laut dalam menegakkan  kedaulatan dan keamanan negara di laut," ujar Palaksa mengutip sambutan Kasal.

Hal ini juga menjadi momentum bagi prajurit matra laut untuk menghargai nilai heroisme dan semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

" Dengan demikian , kita selaku generasi penerus prajurit jala sena harus mampu untuk meneruskan dan memegang teguh amanah pendahulu kita dalam melindungi segenap bangsa serta mengatasi berbagai potensi ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelas Ramadhan

Lebih jauh dikatakan, guna menjawab semua tantangan yang tidak menentu  TNI Angkatan Laut melakukan pembangunan postur yang kuat, profesional dan modern yang diikuti dengan validasi organisasi. Salah satunya adalah dengan disetujuinya di dalam Peraturabn Presiden ( Perpres ) Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Komando Armada RI. Komando Armada RI akan membawahi tiga Komando Armada ( Koarmada ), baik Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III.

" Diharapkan dengan terbentuknya organisasi baru ini, maka respon cepat terhadap segala bentuk ancaman negara dapat dilaksanakan dengan tepat dan cepat. Sejalan dengan pembangunan postur kekuatan angkatan laut, maka diperlukan suatu konsep operasi dan gelar kekuatan angkatan laut yang optimal  disertai oleh tingkat kesiapan operasional yang tinggi," tambahnya

Berbicara tentang kesiapan operasional, tentunya dalam pembangunan kekuatan Angkatan Laut harus selaras dengan peningkatan profesionalisme yang diikuti dengan kesejahteraan prajurit. Sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk membangun sumber daya manusia yang unggul, maka peningkatan profesionalisme prajurit juga menjadi prioritas utama TNI AL dalam renstra ke depan.


"  Semoga semangat Hari Armada memotivasi kita semua untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja individu dan satuan," harapnya.





 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00