• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sulut Update

Pengusaha AS Tanamkan Investasi Perikanan Laut Bernilai Rp 700 M di Sulut

17 June
21:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Manado:  Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara ( AU) dan US Air Force melakukan latihan bersama bersandi Cope West 2019 di Lanud Sam Ratulangi Manado, Senin (17/6/2019) pagi.

Kegiatan yang berlangsung hingga 28 Juni 2019 ini turut  dihadiri   Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan,  bersama jajaran Forkopimda, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, dan para pejabat TNI AU.

Upacara sendiri dipimpin Kolonel Satriyo Utomo, Komandan Wing 3 Lanud Iswayudi Koops AU I dari Indonesia dan Colonel Paul Kirmis, Vice Commander of the 35 Fighter Wing on Misawa Jepang, dari Amerika Serikat.

Gubenur Olly Dondokambey ditemui sela-sela Upacara Pembukaan menyatakan rasa bangga karena pihak Angkatan Udara Amerika Serikat kembali mempercayakan Sulawesi Utara menjadi tempat latihan.

“Ini menandakan Sulawesi Utara menjadi salah satu tempat latihan Angkatan Udara Amerika Serikat berarti ini daerah yang aman sehingga Sulawesi Utara menjadi tempat latihan,”terang Dondokambey.

Lanjut Gubernur Selain menjadi tempat latihan bersama, Daerah ini juga menjadi tempat peringatan hari kemerdekaan Amerika Serikat.

Di tempat yang sama Joseph R. Donovan Jr., Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia mengungkapkan latihan bersama ini adalah satu dari 200 yang sudah dilakukan secara bersama.

“Saya senang kegiatan ini dilaksanakan guna mempererat kebersamaan Amerika Serikat dengan Indonesia,” kata Donovan Jr.

Donovan Jr menjelaskan sedikitnya  6 pesawat jet F-16 dari negaranya yang dikirim dari Squadron Samurai (Jepang) yang akan berpadu dengan 7 pesawat jet F-16 dari Squadron Wing Tiga (Madiun).

“Sekali lagi latihan ini meningkatkan kebersamaan yang sudah terjalin. Bahkan sangat berkaitan dengan 70 tahun hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan Indonesia,” tutur Dubes Donovan Jr.

Sebelumnya, Danwing 3 Kolonel Satriyo Utomo pada sambutan saat memimpin upacara mengatakan kegiatan ini sebagai kesempatan berbagi ilmu untuk menjadi personel TNI AU yang profesional.

“Ini juga untuk masa depan yang lebih lagi di dunia penerbangan TNI AU dan US Air Force,” tambah Utomo.

Utomo meminta seluruh pasukan mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam latihan bersama tersebut.

Sementara itu, Kolonel Paul Kirmis, Vice Commander 35th Fighter Wing in Misawa menjelaskan latihan bersama guna mengasah praktis udara.

“Selain itu untuk menjalin persahabatan antar kedua negara sambil memperkuat rakyat dan inter probabilitas,” ujar Kolonel Paul Kirm

Adapun latihan Cope West ini melibatkan sedikitnya 150 personel TNI AU, 130 prajurit US Air Force serta 13 pesawat tempur F-16.

Dalam latihan, US Air Force akan menggunakan enam pesawat tempur F-16 dari Skadron 14 yang bermarkas di Misawa Jepang dan dari TNI AU akan mendatangkan tujuh pesawat tempur F-16 dari Skadron udara 3 Lanud Iswahyudi.

Latihan ini merupakan yang ketiga kalinya digelar di Manado. Manado sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Cope West 2017 dan 2018.

 

 

 

 

 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00