• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Minahasa Utara

Sekda Jemmy Kuhu Sosialisasikan Pajak Daerah Kepada Pelaku Usaha.

5 April
09:22 2019
1 Votes (5)

KBRN, Minut  - Sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Minahasa Utara (Minut) Ir Jemmy Kuhu MM mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh Memberikan pemahaman dan menginformasikan aktualisasi tentang Pajak dan Retribusi daerah dalam pembukaaan kegiataan realisasi Pajak Daerah kepada pelaku usaha kabupaten Minut yang digelar oleh Badan Keuangan, kamis (4/4/2019) di Hotel Sutan Raja Maumbi.

Saat pembukaan sosialisasi ini Sekda mengingatkan kepada peserta bahwa setiap daerah diberi kewenangan untuk menetapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak daerah dan Retribusi, namun harus diingat setiap regulasi wajib ditaati.

“Pajak daerah menjadi salah satu sumber utama, pembiayaan pembangunan dan masih banyak lagi manfaat dari pajak yang digunakan untuk kesejahteraan serta kemajuan bersama. Oleh karena itu mari kita berikan yang terbaik,dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan memenuhi kewajiban kita membayar pajak, semua ada aturannya,” tegas Kuhu.

Kuhu juga menegaskan wajib pajak wajib hukumnya, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman serta komitmen kita untuk mengoptimalkan pencapaian pajak di daerah.

“Mari kita yang jadi contoh dan teladan dalam membayar pajak mari bersama membangun bumi Tonsea karena dari pajaklah kita bisa mrngoptimalkan rencana pembangunan, semua untuk kemajuan dan kepentingan masyarakat," tandas Kuhu.

Sementara itu Kaban Keuangan Pemkab Minut Petrus Makarau SE dalam pemaparan materinya menjelaskan tentang dasar pengenaan tata cara penetapan dan perhitungan pajak.

"Ini sesuai Perda No. 4 tahun 2015 tentang pajak daerah dan Perbup No 34 tahun 2016, intinya pajak yang ditanggungkan kepada kita baik itu pajak perhotelan atau juga pajak rumah makan, pajak sarang burung walet semuanya itu wajib kita patuhi karena ini bukan keinginan pribadi, dinas atau badan tapi semuanya bisa dipertanggungjawabkan sesuai undang undang," ungkap Makarau.

Peserta Sosialisasi Pajak daerah dinas Keuangan pemkab minut dari perwakilan pemilik usaha serta aparat desa se Minut juga mendapat penjelasan terkait sejumlah pajak daerah yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten yakni :

Pajak hotel

Pajak Restoran dan Rumah Makan

Pajak Hiburan

Pajak Reklame

Pajak Air Tanah

Pajak Mineral bukan Logam dan Batuan

Pajak Sarang Burung Walet

Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU)

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan.(Day)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00