• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

Bakesbangpol: Milenial Harus Ditanamkan Nilai Pancasila Sejak Dini

25 February
19:32 2020

KBRN Malang: Pemerintah pusat melalui terus berupaya menanamkan nilai-nilai Pancasila dan memberikan pemahaman kebangsaan, khusunya kepada kaum milenial. Hal ini dinilai penting karena mereka adalah para penerus calon pemimpin bangsa.

Hal itu ditegaskan Hartono, Kasubdit Wawasan Kebangsaan Bakesbangpol Pusat, dalam Forum Pemantapan Karakter dan wawasan kebangsaan dengan tema 3 Generasi memaknai Pancasila Nasionalisme Dan Wawasan Kebangsaan, Selasa (25/02/2020) di Hotel Tyci, Malang.

Suatu saat negara ini akan dipimpin oleh mereka (para milineal) lanjutnya, oleh karenanya harus disiapkan karena bisa dibayangkan jika bangsa ini dipimpin oleh orang yang tidak mengerti nilai-nilai Pancasila dan tidak memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Maka inilah tugas semua pihak untuk menyiapkan generasi penerus untuk ditanamkan nilai-nilai kebangsaan dan idiologi Pancasila.

"Mereka ini generasi penerus kita harus siapkan secara dini bagaimana mereka untuk cinta tanah air, bela negara dan nasionalisme yang tinggi,” ungkapnya.

Lebih jauh diungkapkan, ruang-ruang diskusi akan terus kita lakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan rasa nasionalisme dan tidak terbatas diskusi dengan para mahasiswa namun dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, irmas dan tokoh pemuda akan dilakukan.

"Tujuanya sudah jelas ruang atau forum seperti ini akan membangun menanamkan cinta tanah air dan nasionalisme,” tegasnya.

Salah satu pembicara dalam forum tersebut yang juga Dosen Universitas Negeri (UM) Malang, Rosyid Al Ato mengatakan, materi wawasan kebangsaan dalam perkuliahan selama ini dirasa sudah cukup namun ruang diskusi untuk membangkitkan rasa Nasionalisme perlu di gencarkan.

Dan Pendekatan akademis diakuinya masih ada keterbatasan tapi kalau yang melakukan pendekatan pemerintah dampaknya lebih nyata.

"Di perguruan tinggi pendidikan tentang Pancasila dan wawasan juga masih diajarkan malah ada 2 mata kuliah tentang wawasan kebangsaan ini,” urainya.

Hal senada juga disampaikan pembicara dari dari Kampus Universitas Wisnu Wardana yang mengatakan, ditempatnya mata pelajaran pancasila masih diajarkan dan poster-poster pahlawan nasional juga dipajang.

"tidak hanya itu dikampus kita setelin lagu- lagu perjuangan dalam rangka untuk menyadarkan dan menumbuhkan rasa  semangat dan kampus kita terkenal dengan kampus Bhinneka Tunggal Ika," ungkapnya 

Selain itu agar tidak terjerumus dengan faham-faham radikalisme mereka kita bebaskan untuk membentengi organisasi kampus namun tetap dalam pengawasan dan pembinaan.

00:00:00 / 00:00:00