• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Malang Gagalkan Pengiriman Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

25 February
12:06 2020

KBRN, Malang: Bea Cukai Malang kembali berhasil mengamankan rokok ilegal di Kabupaten Malang. Kali ini, petugas Bea Cukai Malang melakukan pencegahan pengiriman rokok ilegal di Jalan Raya Ketawang, Dusun Krajan, Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Mobil berwarna biru tua metalik ini membawa muatan berupa 10 karton atau 256.750 batang rokok ilegal. 

“Dalam operasi tersebut, petugas kami menemukan barang kena cukai berupa hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin (SKM) yang belum dilunasi cukainya tanpa dilindungi dengan dokumen cukai,” kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Tipe Madya Cukai Malang, Latif Helmi, Selasa (25/2/2020).

Ia menjelaskan, awalnya, petugas Bea Cukai Malang memperoleh informasi dari masyarakat bahwa akan ada pengiriman rokok ilegal di daerah Gondanglegi dengan menggunakan minibus merek Suzuki warna biru tua metalik. “Dari informasi tersebut, petugas bergerak menuju titik yang akan dilalui oleh target. Setelah menunggu beberapa jam, petugas mendapati target sebagaimana informasi yang didapat melintas,” ujarnya. 

Dari hasil operasi tersebut, ditaksir kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 116.821.250 rupiah. Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. ”Ke depannya, Bea Cukai Malang akan terus menindaklanjuti setiap informasi dan laporan dari masyarakat mengenai peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya,” tutur Latif.

Dengan upaya pencegahan pengiriman rokok ilegal ini, diharapkan peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya terus menurun dan sesuai target dari Menteri Keuangan tahun ini untuk menekan peredaran rokok ilegal hingga 1 persen.

00:00:00 / 00:00:00