• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kabar Malang Raya

Hujan Deras, Rumah Warga di Bantaran Sungai Kota Malang Longsor

25 February
11:27 2020

KBRN, Malang: Hujan deras yang terjadi di Kota Malang pada Senin (24/2/2020) sore membuat tanah di bantaran Sungai Brantas Kota Malang mengalami longsor. Akibatnya, bagian belakang rumah salah satu rumah warga di kawasan Jalan Muharto ikut ambrol. Rumah-rumah warga di kawasan tersebut berada di bantaran Sungai Brantas. 

Sumaiyah, pemilik rumah mengaku longsoran tanah di bagian belakang rumahnya terjadi perlahan saat hujan deras terjadi. “Awalnya, yang ambrol pohon mangga di belakang rumah, lalu kamar mandi rumah saya ikut longsor,” ujar Sumaiyah, Selasa (25/2/2020).

Saat kejadian, tidak ada anggota keluarga yang berada di kamar mandi. Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun sebagian tembok bagian belakang rumah Sumaiyah terlihat retak. “Kalau bagian rumah yang lain belum ikut longsor, semoga saja jangan longsor lagi,” katanya.

Untuk mengevakuasi material longsoran, sebanyak 13 personel Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangn Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang diterjunkan bersama sejumlah relawan. “Kmi memberikan bantuan sumbangan logistik, asesmen, serta turun lapangan membantu pembersihan lokasi dan membantu hal yang dibutuhkan warga korban longsor,” kata Kepala Seksi Rehabilitasi BPBD Kota Malang, Sutrisno.

Menurutnya, proses pembersihan material longsor dilakukan hingga besok. Terkait upaya perbaikan plengesengan yang ambrol, Sutrisno mengaku hal itu merupakan wewenang Perum Jasa Tirta I. “
BPBD hanya berperan pada kondisi kegawatdaruratan. Karena ini longsornya di wilayah Sungai Brantas, jadi wewenang Jasa Tirta,” tandasnya.

00:00:00 / 00:00:00