• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Perbankan

Harga Bawang Putih dan Cabai di Malang Masih Mahal

20 February
12:18 2020

KBRN, Malang: Harga bawang putih di pasar tradisional Kota Malang kini bersangsur turun. Pekan lalu, bawang putih sempat dibanderol seharga Rp 65 ribu per kilogram, namun pekan ini turun menjadi sekitar Rp 55 ribu per kilogram. Meski harganya turun, namun para pedagang menganggap harganya masih relatif mahal.

Pedagang di Pasar Besar Malang, Alia mengungkapkan, saat ini stok bawang putih masih terbatas. Meski demikian, harga di tingkat distributor memang mulai turun. "Bisa turun karena harganya dari distributor juga turun, sebenarnya masih sulit cari stok, bbeerapa hari lalu sempat nggak jualan karena stoknya kosong," ujar Alia, Kamis (20/2/2020).

Mahalnya harga bawang putih ini. sambungnya, membuat pedagang mengurangi jumlah keuntungan yang didapat. Pasalnya, jika menjual dengan harga yang sangat mahal pada konsumen, justru membuat daya beli menurun. "Kalau dijual mahal tidak ada yang beli, djual murah tidak dapat untung," katanya.

Sedangkan untuk komoditi bawang merah, memang harganya masih dibanderol lebih murah dibandingkan bawnag putih. Yakni seharga Rp 40 ribu per kilogram. Namun, sayang kualitas bawang merah tidak bagus alias banyak yang busuk. "Bawang merah bawangnya jelas. Kalau yang kualitasnya bagus biasanya dari Probolinggio, tetapi sekarang stoknya sedang kosong," ujar Alia.

Hal serupa juga berlaku untuk komoditi cabai rawit. Pada Januari lalu, cabai rawit sempat djual hingga Rp 90 ribu per kilogram, kini bersagsur turun menjadi Rp 50 ribu per kilogram. "Saya dapat stok cabai dari Wajak Kabupaten Malang, kualitasnya cukup bagus," tandasnya.

Menurut Alia, mahalnya harga sejumlah komoditi tersebut disebabkan faktor cuaca musim hujan, sehingga membuat banyak bwang ataupun cabai yang busuk. "Banyak yang bususk, stoknya minim," tukasnya.

Rosyiana, salah seorang ibu rumah tangga pun mengeluhkan mahalnya sejumlah komoditi. Pasalnya, kondisi ini selalu terjadi setiap musim hujan tiba. "Harusnya sudah ada langkah antiispasi dari pemerintah, karena setiap musim hujan cabai dan bawang pasti mahal," pungkasnya. 

00:00:00 / 00:00:00