• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikSosBud & Iptek

37 Bangunan di Kota Malang Diusulkan Jadi Bangunan Cagar Budaya

16 January
14:56 2020
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Konsep Kota Malang sebagai wisata sejarah atau heritage terus dikuatkan. Salah satunya dengan menetapkan dan mengajukan sejumlah bangunan bersejarah di kota pendidikan menjadi bangunan cagar budaya. Dengan begitu, warisan di masa lampau tetap terjaga hingga kini.

Di tahun 2018 silam, Pemerintah Kota Malang telah menetapkan 32 bangunan cagar budaya. Sementara di tahun 2019, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) telah melakukan survei pada 45 bangunan. Hasilnya, 37 bangunan diusulkan menjadi bangunan cabar budaya. Diantaranya Hotel Shalimar, Gereja GKI Bromo, bangunan Kayutangan, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sukun, dan lain-lain.

Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya Kota Malang, Agung H. Bhuana mengungkapkan, TACB telah mengajukan pada November 2019. Saat ini masih menunggu persetujuan dari Walikota. "Kami berharap bisa segera keluar Surat Keputusan (SK) Walikota untuk 37 bangunan cagar budaya yang kami ajukan. Jika 32 bangunan itu disetujui, maka ada tambahan 37 bangunan, total Kota Malang akan punya 69 bangunan cagar budaya yang harus dilestarikan," kata Agung, Kamis (16/01/2020).

Sedangkan di tahun 2020, TACB juga berencana untuk terus melakukan penambahan penetapan bangunan-bangunan cagar budaya. "Tahun ini targetnya sama atau lebih banyak dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Malang, TACB dibantu 135 orang relawan terlibat dalam survei 45 calon bangunan cagar budaya. Relawan yang berasal dari kalangan mahasiswa, pemerhati, dan masyarakat umum sengaja dilibatkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan bangunan lawas yang memiliki nilai cagar budaya. "Relawan banyak berasal dari anak muda, ini menunjukkan bahwa peran kaum milenial ini punya peran melestarikan cagar budaya," pungkas Agung. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00