• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikSosBud & Iptek

ASN Pemkot Malang Diimbau Pakai Baju Adat Tiap Kamis

16 January
10:12 2020
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Malang diimbau untuk menggunakan pakaian adat khas daerah jawa. Kebijakan tersebut, untuk dijalankan di setiap hari Kamis.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Malang, Sutiaji. Menurutnya, imbauan pemakaian baju daerah setiap hari Kamis itu sebagai salah satu bentuk penguatan pendidikan karakter. “Artinya, nilai kebudayaan akan tertanam yang secara langsung melalui praktik,” ujarnya, Kamis (16/01/2020).

Bagi Sutiaji, setiap orang berhak untuk mencontoh kepintaran dari manapun. Namun, harus tetap berbangga diri dengan budaya bangsa. ”Untuk di Kota Malang, pakaian yang dikenakan khusus untuk khas Jawa demi mencerminkan budaya jawa. Dan  untuk menguatkan karakter harus dikuatkan dari lokalism,” katanya.

”Bahkan hal itu bukan untuk ASN, tetapi kami  juga melibatkan pelajar, karyawan perhotelan untuk bisa ikut terlibat memakai baju adat tersebut,” imbuh Sutiaji.

Meski begitu, politisi Demokrat ini mengaku imbauan untuk memakai baju adat tidak untuk memberatkan masyarakat Kota Malang. ”Seperti ketika untuk anak sekolah, ketika itu dirasa memberatkan karena tidak memiliki baju khas jawa maka tidak harus memakainya,” tandasnya.

Imbauan ini sebenarnya diterapkan mulai hari ini. Namun pantauan RRI, masih belum tampak ASN yang menggunakan pakaian adat Jawa. Mereka masih menggunakan pakaian batik seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00