• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kabar Malang Raya

4.310 Warga Blitar Terjangkit TBC

15 January
16:47 2020
0 Votes (0)

KBRN, Blitar: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar masih kesulitan menemukan penderita TuberkulosisT(BC). Belum adanya keterbukaan menjadi penyebab sulitnya mendeteksi penderitanya. Akibatnya, penyakit akibat infeksi kuman Mycobacterium Tuberculosis semakin luas menyebar. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti. Menurutnya, hingga triwulan ketiga tahun 2019, jumlah suspect TBC yang berhasil ditemukan mencapai 4.310 pasien. "Jumlah itu belum mencapai target temuan suspect TBC sebanyak 10.888 pasien," katanya, Rabu (15/01/2020).

Sementara data untuk temuan suspect TBC triwulan terakhir 2019, masih dalam proses validasi. Untuk target temuan positif TBC mencapai 2.612 pasien, dan sampai saat ini hanya ditemukan 677 pasien. "Dengan kondisi ini, kami berharap masyarakat yang menderita batuk tidak kunjung sembuh kurun waktu sekitar dua minggu, harus segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan," harapnya.

Krisna menambahkan, sebenarnya masyarakat sekarang sudah dimudahkan dengan adanya pelayanan dari pemerintah daerah, dimana di RSUD Ngudi Waluyo, Wlingi dan puskesmas sudah ada alat Test Molecular Cepat (TMC) untuk layanan pemeriksaan dahak. "Fasilitas kesehatan sudah disiapkan pemerintah, tinggal menggugah kesadaran masyarakat memeriksakan diri," pungkas Krisna. (nin/num)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00