• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kabar Malang Raya

BPBD Blitar Imbau Nelayan dan Wisatawan Waspadai Gelombang Laut

15 January
16:32 2020
0 Votes (0)

KBRN, Blitar: BMKG telah merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Jawa Timur termasuk Kabupaten Blitar, yang menyatakan bahwa mulai Januari hingga Februari 2020 berpotensi menghadapi cuaca ekstrem. Seperti hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. 

Berdasarkan informasi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar pun memberikan peringatan dini prakiraan tinggi gelombang laut di perairan setempat, Rabu (15/01/2020). "Ketinggian gelombang mencapai 1.3 sampai 3.0 meter terjadi di beberapa perairan pantai selatan Kabupaten Blitar," kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik.

Pihaknya pun mengimbau seluruh nelayan maupun pengunjung untuk mewaspadai potensi ancaman yang ditimbulkan oleh cuaca buruk. "Bagi masyarakat yang tinggal di sekitaran pantai juga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya peningkatan ketinggian ombak yang diakibatkan curah hujan tinggi disertai angin kencang," ujarnya.

Ia menambahkan, walaupun tidak berpotensi menimbulkan tsunami, namun pihaknya tetap mewanti-wanti dan mengajak seluruh lintas sektor untuk sinergi menghadapi cuaca tidak menentu tahun ini. "Semua pihak punya tanggung jawab, itu dilakukan demi mengurangi dampak jika terjadi bencana," tandas Cholik. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00