• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Perbankan

Dorong Sektor Ekspor, Bea Cukai Jatim II Permudah Fasilitas Fiskal

15 January
13:25 2020
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Sektor ekspor di wilayah Malang dan sekitarnya dinilai punya potensi untuk terus berkembang. Di Kota Malang misalnya, industri karoseri seperti Adiputro sudah mulai melakukan ekspor karoseri sejak tahun 2019 lalu. Ada juga industri pembuatan kereta api di kawasan Madiun.

Untuk mendorong sektor ekspor tersebut, maka pemerintah telah menyiapkan fasilitas fiskal guna mempermudah produksi komoditi ekspor tersebut. Melalui Kanwil Dirjen Bea Cukai II. 

“Ada fasilitas fiskal yang disiapkan kementrian keuangan, disini Kanwil bea cukai berperan memberikan kemudahan bea dan pajak bagi pelaku usaha yang melakukan ekspor,” kata Kepala Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur II, Oentarto Wibowo, Rabu (15/01/2020).

Fasilitas fiskal itu berupa pembebasan atau penangguhan pembayaran bea masuk alat-alat impor yang dapat menunjang produksi barang yang akan diekspor. 

“Jadi bahan baku atau mesin-mesin impor itu bisa dibebaskan atau ditangguhkan pembayaran bea masuk, selama dia memproduksi barang yang akan diekspor,” ujarnya.

Selain industri karoseri dan kereta api, pihaknya juga melihat potensi perkembangan industri kopi yang juga peluang ekspor. “Termasuk juga kopi yang perkembangannya di Malang luar biasa,” tuturnya.

Untuk mengimplementasikan hal tersebut, pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah lain yang punya kewenangan terkait hal ini. “Kami juga sudah koordinasi dengan Pemda dan Bank Indonesia,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00