• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kabar Malang Raya

Tak Hanya Normalisasi, Reboisasi Dinilai Jadi Solusi Banjir di Sutojayan

14 January
08:39 2020
0 Votes (0)

KBRN, Blitar: Musim hujan membuat sejumlah daerah di Jawa Timur mewaspadai potensi bencana banjir, tak terkecuali di Kabupaten Blitar. Banjir yang kerap terjadi wilayah Sutojayan membuat upaya mitigasi perlu dilakukan. 

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito mengatakan, selain normalisasi Kali Bogel, pengembalian fungsi hutan diharapkan menjadi salah satu solusi banjir di wilayah tersebut. 

"Banyak faktor yang menjadi penyebab banjir di wilayah Sutojayan. Sehingga perlu solusi jangka panjang, seperti melakukan penanaman pohon dikemiringan pegunungan. Dimana pengembalian fungsi hutan sangat penting, agar ada penyerapan saat musim hujan," kata Suwito, Selasa (14/01/2020).

Ia meyakini, jika normalisasi selesai, dan upaya pengembalian fungsi hutan bisa terealisasi, maka banjir tahunan di Sutojayan bisa diminimalisir secara maksimal. Sementara hasil pantauannya saat ini, proyek normalisasi Kali Bogel belum selesai. 

"Kami melihat masih perlu disiagakan alat berat saat musim hujan ini. Meski demikian secara psikologis, masyarakat sudah cukup tenang setelah adanya proses normalisasi," tuturnya.

Menurutnya, selama ini banjir di Sutojayan menjadi bencana tahunan yang terjadi di Kabupaten Blitar setiap musim hujan terjadi. "Normalisasi ini kami harapkan bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu, sehingga banjir tahunan tidak terjadi," tandas Suwito. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00