• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kabar Malang Raya

Waspada, Kota Batu Siaga Darurat Bencana

12 January
10:55 2020
0 Votes (0)

KBRN, Batu: Sebagai kota yang berada di kawasan pegunungan, Kota Batu menjadi salah satu daerah yang masuk dalam daerah berpotensi bencana. Untuk itu, Pemerintah Kota Batu dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  mencanangkan Kota Batu siaga darurat bencana.

Bencana yang kerap terjadi di kota wisata andalan Jawa Timur ini diantaranya banjir, tanah longsor, angin kencang, dan angin puting beliung. Status siaga bencana ini mengacu dari trigger atau pemicu seperti penggundulan lahan di Gunung Panderman dan Arjuna akibat kebakaran hutan beberapa waktu yang lalu. "Selain itu, juga kesadaran masyarakat menjaga lingkungan, masih ada saja yang membuang sampah sembarangan," kata Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, Minggu (12/01/2020).

Potensi bencana juga diperkuat dengan perdiksi BMKG yang menyatakan bahwa Kota Batu akan diguyur hujan selama beberapa hari ke depan. Apalagi pada Oktober 2019 lalu, Kota Batu juga dilanda bencana angin kencang. "Dengan kondisi ini, kami berharap masyarakat mewaspadai potensi bencana, menyiapkan diri jika terjadi bencana," ujarnya.

Pemkot Batu dan sejumlah instansi terkait pun sudah mempersiapkan personel gabungan hingga logistik untuk mengantisipasi adanya bencana. Simulasi dan apel kesiapan bencana juga telah dilakukan di Amke, Desa Oro-oro Ombo beberapa waktu yang lalu. "Kewaspadaan dan kesiapan harus dilakukan mengingat Kota Batu sangat beresiko terjadi longsor melihat letak geografisnya. Untuk menekan adanya korban bencana, kami sudah melakukan mitigasi dengan meningkatkan pelatihan desa tangguh bencana dan pelatihan penanganan darurat bencana," pungkasnya. (Foto: Antara) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00