• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kabar Malang Raya

Dinilai Membahayakan, 8 ODGJ di Kabupaten Blitar Masih Dipasung

12 January
09:52 2020
0 Votes (0)

KBRN, Blitar: Target bebas pasung sepanjang tahun 2019 di Kabupaten Blitar tidak tercapai. Pasalnya hingga awal tahun 2020, masih ada delapan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terpasung. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, sebenarnya sudah ada upaya untuk membebaskan delapan ODGJ terpasung itu, namun masih berkala. 

"Artinya belum bisa dilepas sepanjang waktu karena kondisi emosinya dinilai masih belum bisa terkontrol dan membahayakan lingkungan, baik keluarga maupun tetangga," kata Krisna, Minggu (12/01/2020).

Ia mengungkapkan, delapan ODGJ terpasung itu diantaranya berada di Bakung, Binangun, Kademangan, Srengat, Udanawu, Wonodadi, serta Selopuro. "Sebenrnya, kami sudah pernah merujuknya ke rumah sakit jiwa di Lawang, tetapi saat dipulankgkan, emosinya masih belum terkontrol secara maksimal," ujarnya.

Dengan kondisi itu, dinkes akan terus mendampingi delapan ODGJ terpasung itu sampai ada penurunan kondisi depresi atau emosinya. "Kita pantau terus perkembangan kondisinya. Saat ini, jumlah ODGJ secara keseluruhan di Kabupaten Blitar mencapai 2 ribu orang, baik ODGJ ringan, sedang, maupun berat," pungkasnya. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00