• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata & Lingkungan Hidup

Ketika Reboisasi Jadi Solusi Cegah Banjir

10 January
09:32 2020
1 Votes (4)

KBRN, Malang: Banjir menjadi salah satu potensi bencana yang terjadi di musim hujan. Sejumlah upaya dilakukan di Kota Malang untuk mencegah potensi banjir tersebut. Selain upaya pembersihan saluran air dari sampah, kegiatan penanaman pohon atau reboisasi kini gencar dilakukan. Pada Jumat (10/01/2020) pagi, sebanyak 2.329 pohon serentak ditanam di seluruh lingkungan kepolisian Polresta Malang Kota.

“Memasuki musim hujan seperti saat ini, kita harus berupaya menjaga kelatarian alam, salah satunya dengan serentak menanam pohon,” kata Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Leonardus Simarmata di sela kegiatan penanaman pohon bersama Forkopimda Kota Malang.

Pohon yang ditanam pun memiliki kriteria punya kadar oksigen tinggi, serta akar yang kuat. Sehingga mampu menjadi tanaman penyerap air ketika hujan tiba. Diantaranya pohon Mahoni, Bintaro, Sengon, Glodog Tiang dan Kesambi.

 ”Selain itu, kita juga menanam pohon yang bisa berbuah. Pohon ini ditanam di halaman Polresta Malang Kota, Samsat, Polsek jajaran Polresta serta lingkungan wilayah hukum masing-masing Polsek,” tuturnya.

Pihaknya berharap, upaya penghijauan ini tak hanya asal menanam. Namun juga pemeliharaan tanaman, sehingga upaya penghijauan ini benar-benar bisa berkontribusi pada pelestarian alam dan pencegahan banjir. “Ke depan gerakan penghijauan ini akan terus diperluas di lahan-lahan kosong yang merupakan aset Polri,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00