• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kabar Malang Raya

Kurang Blanko, 98 ribu Pemohon e-KTP di Kabupaten Malang Belum Bisa Cetak

2 January
18:41 2020
0 Votes (0)

KBRN,Malang:  Puluhan ribu pemohon elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Kabupaten Malang belum bisa dicetak, karena Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kekurangan blangko.

" Ada 98 ribu surat keterangan (Suket) yang menunggu untuk dicetak menjadi e-KTP," ungkap Bupati Malang, M Sanusi di sela sela melakukam Inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Dispendukcapil, Kamis (2/1/2020).

Sanusi mengatakan pengadaan blangko merupakan kebijakan serta wewenang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kabupaten Malang hanya menerima kiriman dari Pemerintah Pusat, tetapi selalu kurang untuk memenuhi kebutuhan pemohon e-KTP warga Kabupaten Malang.

“Blangko dari sana. Disini kurang 100 ribu. Gak tahu itu dari Kementerian kok selalu gitu. Janji Januari ini, mudah-mudahan minggu depan turun,” terang Sanusi.

Sementara, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sri Meicharini menjelaskan layanan pencetakan e-KTP sudah berjalan di masing-masing kecamatan. Namun, masih ada sejumlah persoalan lain yang menjadi kendala, selain kekurangan blangko.

“Kalau di kecamatan, selain KTP, hari ini baru mulai. Tapi hari ini dari Kominfo masih melakukan migrasi jaringan dari Telkomsel ke Indosat,” ujar Meicharini.

Meicharini menjajikan, sekitar dua minggu lagi layanan di masing-masing kecamatan dapat berjalan normal.

“Waktunya yang dijanjikan Kominfo sekitar dua minggu. Semua kecamatan, operator sudah siap hari ini. Bisa di cek itu,” pungkasnya.

Diakui, persoalan keterbatasan blangko e-KTP masih menjadi pekerjaan besar Dispendukcapil Kabupaten Malang. Kata dia, Kendala itulah yang membuat pelayanan tidak bisa maksimal. Pihaknya, seolah tidak bisa berbuat apa-apa, sebab pengadaan blangko kewenangan Pemerintah Pusat.(sp)

  • Tentang Penulis

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

  • Tentang Editor

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00