• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Lagi, Pemuda Pelaku Curat di Kota Malang Ditembak Polisi 

16 December
09:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Ini peringatan bagi pelaku kejahatan Kota Malang untuk memberikan efek jera. Sebab, petugas kepolisian tak akan segan melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki pelaku jika melawan. Seperti yang terjadi pada kasus pencurian dengan pemberatan (curat) pada 11 Desember 2019 lalu sekitar pukul 04.54 WIB.

Pencurian itu terjadi di sebuah warung internet (warnet) di kawasan Jalan MT Haryono oleh dua pelaku  berinisial ABA (18) dan ELP (21). "Saat itu, kedua pelaku berjalan kaki untuk mencari sasaran, kemdian pelaku melihat sepeda motor milik korban yang diparkir di depan warnet," kata Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata, Senin (16/12/2019).

Setelah mengincar motor korban, pelaku ELP mengambil motor itu dan mendorongnya sejauh 500 meter lalu masuk ke sebuah gang. "Di gang tersebut, pelaku melepas plat nomor dan membongkar dek sepeda motor untuk menyambung kabel kontak dan menyelakan mesin sepeda motor. Begitu motor menyala, dibawa ke rumah Eric di Jalan Tenaga Blimbing Kota Malang," ungkap Leo.

Tak butuh waktu lama bagi kepolisian untuk menangkap pelaku. Di hari yang sama, Satreskrim Polresta Makota berhasil menangkap kedua pemuda ini pada pukul 07.30 WIB, berdasarkan petunjuk GPS yang dipasang korban di motornya. "Salah satu tersangka sempat mencoba melarikan diri dan berusaha membahayakan petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas terukur untuk pelaku berisian ELP," tegas mantan Kapolres Batu ini.

Dari keterangan pelaku, ia 3 kali melakukan pencurian. Pencurian itu dilakukan oleh ABA untuk membuktikan pada saudara iparnya bahawa ia bisa memiliki penghasilan. "Dulu saya sempat memutuskan berhenti mencuri, tetapi saya diejek kakak ipar karena tidak bisa menghasilkan uang. Terpaksa curi motor lagi untuk dapat uang," kata salah saeorang tersangka berinisial ABA. 

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00