• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Jelang Nataru, Puluhan 'ODOL' dijaring Sat Lantas Polres Malang.

15 December
13:38 2019
0 Votes (0)

KBRN,Malang:  Sat Lantas Polres Malang mengerahkan puluhan anggotanya untuk melakukan penindakan terhadap Truk yang bermuatan berlebih atau Over Dimensi dan Over Loading (ODOL). Hasilnya sebanyak puluhan Truk terjaring dalam hunting system' yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Malang. 

" Anggota yang diterjunkan dalam penindakan ini mencapai puluha personil, dan mendapatkan hasil puluhan ODOL yang dilakukan penindakan berupa Tilang," ungkap Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik Syafiudin, usai memimpin kegiatan, Minggu (15/12/2019).

Ia menjelaskan mendasarkan pada perintah Kapolres Malang melalui Kasat Lantas Polres Malang AKP William Thamrin Simatupang bahwa menjelang pelaksanaan operasi Lilin yang akan dilaksanakan pada akhir tahun ini, agar dilaksanakan upaya pencegahan dan antisipasi terjadinya Laka lantas. 

" Karena Kamseltibcar Lantas adalah merupakan tanggung jawab kita bersama," jelas Taufik.

Selain itu, lanjut Taufik, maraknya truk bermuatan melebihi kapasitas berdasarkan analisa dan evaluasi beberapa pekan terakhir, maka ODOL juga dapat berdampak pada kondisi jalan yang dilalui. 

"Harapan kami sebagai petugas adalah agar para pengemudi Truk dapat selamat dan mengantarkan barang juga dalam keadaan aman," terangnya. 

Apalagi di Kabupaten Malang sudah dilakukan perbaikan jalan, mulai dari Singosari, Pakisaji, Kepanjen dan Bululawang. Bahkan, ketahanan jalan sudah diperkirakan beban yang akan diterima pada saat kendaraan melintas. 

"Jadi apabila truk bermuatan berlebih juga bisa berdampak pada kondisi jalan," tegasnya. 

Dikatakan, muatan melebihi kapasitas juga dapat membahayakan pengendara kendaraan tersebut dan pengendara lainnya. Terlebih cuaca di sebagian besar wilayah Kabupaten Malang sudah turun hujan.(Sp)

  • Tentang Penulis

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

  • Tentang Editor

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00