• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Menyamar Jadi Driver Ojol, Pria di Malang Curi Sepeda Motor

12 December
14:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Modus baru dilakukan oleh pelaku kejahatan pencurian kendaraan bermotor di Kota Malang. Menggunakan jaket driver ojek online, pria berinisial PP (37) mencoba untuk mencuri sebuah sepeda motor jenis matic di kawasan Lowokwaru Kota Malang pada 10 Desember lalu. 

Saat menjalankan aksinya, pelaku berboncengan bersama rekannya berinisial M. Saat ini, rekannya masih dalam pencarian polisi. “Pelaku sebanyak dua orang, berboncengan dengan temannya. Sengaja melintas untuk mencari korban. Ketika melewati sebuah warung, mereka mengincar kendaraan matic. Pelaku P turun, kawannya menunggu di atas kendaraan,” kata Kapolresta Malang Kota, AKBP Leo Simarmata, Kamis (12/12/2019).

Modusnya, pelaku merusak kunci sepeda motor menggunakan kunci T, kemudian berusaha membawa lari motor. Namun, aksi kejahatan ini diketahui oleh warga sekitar. Hingga P berhasil ditangkap warga, sedangkan rekannya M melarikan diri. “Dari penangkapan tersangka, barang bukti yang berhasil diamankan sepeda motor, kunci T, mata kunci, dan jaket ojek online. Tersangka bukan driver ojol, hanya menggunakan sarana jaket untuk menipu. Jaket ini merupakan milik adiknya yang dulu pernah menjadi driver ojek online,” tuturnya. 

Pada polisi, PP mengaku baru pertama kali mencuri. Namun sebelumnya ia merupakan residivis kasus narkoba. Bahkan pelaku baru saja bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru Malang pada 15 November 2019 lalu. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara 5 tahun. “Dia mencuri karena butuh uang, selama ini pengangguran dan punya anak serta istri,” tandas Leo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00