• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Tiga Tahanan Kabur di Malang Telah Tertangkap

12 December
14:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Tim khusus Polresta Malang Kota kembali menangkap satu tahanan yang melarikan diri bernama Nur Cholis (29). Ia ditangkap di kawasan Kedungkandang, Kota Malang pada Rabu (11/12/2019) sekitar pukul 11.00 WIB malam tadi. Dengan penangkapan Nur Cholis, kepolisian telah menangkap tiga orang dari empat tahanan yang melarikan diri. 

Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata mengatakan, berdasarkan pengakuan tersangka, setelah melarikan diri Nur Cholis langsung bersembunyi di sebuah rumah kosong yang terletak di kawasan Kecamatan Kedungkandang. Untuk menuju rumah kosong itu, pelaku naik ojek daring tanpa membayar. “Dari situ dia berpindah lagi, kemudian dia menyepi di sebuah bangunan yang ada di tengah kebun, dia menunggu dan tidak pergi kemana-mana,” ujar Kapolresta, Kamis (12/12/2019).

Berdasarkan laporan warga, yang sempat melihat Nur Cholis, tim khusus kepolisian pun langsung menyergap tempat persembunyian tersangka. Namun, ketika akan ditangkap, Nur Cholis mencoba melarikan diri dan melawan petugas menggunakan dua buah sikat gigi yang ujungnya telah diruncingkan. “Dia melarikan diri ke sawah, lalu kita kejar. Untuk asal sikat gigi kita masih melakukan penyelidikan. Kondisi tersangka masih drop, jadi belum bisa kita gali informasi lebih dalam,” ungkap Leo.

Kondisi Nur Cholis memang masih terbaring. Pasalnya, tiga timah panas kepolisian sempat bersarang di kedua kakinya akibat perlawanan saat ditangkap. “Dilakukan tindakan tegas terukur dengan 3 tembakan di kaki bawah,” kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolrestabes Surabaya ini. 

Dengan penangkapan Nur Cholis, maka kini tinggal satu tahanan kabur yang masih bebas berkeliaran atas nama Bayu Prasetyo. “Tinggal satu lagi (yang belum tertangkap), kembali saya menghimbau yang bersangkutan menyerahkan diri. Polisi menjamin keamanannya jika bersedia menyerahkan diri. Nanti jika sudah tertangkap semuanya, keterangan tersangka akan kita konfrontasi,” tegas Leo.

Pihaknya pun berharap penangkapan Bayu bisa dilakukan secepatnya. Apalagi untuk menangani kasus tahanan yang melarikan diri ini, Polresta Malang Kota membentuk empat tim khusus. Dimana setiap tim bertugas menangkap satu tahanan. Tim khusus yang berjumlah 11 orang tiap tim ini berasal dari personel satreskrim, intel, satreskoba, dan Polsek. “Kita berharap satu tahanan lain bisa tertangkap, kita apresiasi kinerja tim khusus ini,” pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, empat tahanan kasus narkoba yang mendekam di jeruji besi tahanan Polresta Malang Kota melarikan diri pada Senin 9 Desember  sekitar pukul 01.30 WIB. Tahanan itu diketahui atas nama Sokip Yulianto, Nur Cholis, Bayu Prasetyo, dan Andrian alias Ian.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00