• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikSosBud & Iptek

Mahasiswa Malang Minta Pemerintah Usut Tuntas Pembunuhan Aktivis HAM

10 December
11:40 2019
1 Votes (3)

KBRN, Malang: Peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) di Kota Malang diwarnai oleh aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Malang Raya di depan gedung DPRD Kota Malang, Selasa (10/12/2019). Menggunakan pakaian serba hitam, sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus ini membentangkan poster besar bertulisan ‘Usut Tuntas Pembunuhan Aktivis HAM’.

“Kami mendesak presiden untuk memerintahkan Kejagung melakukan penyelidikan terhadap kasus pelanggaran HAM yang selama ini belum tuntas. Kasus ini mulai orde baru hingga sekarang. Kasus pembunuhan Munir misalnya, belum ada kejelasan sampai saat ini,” kata Mahmud, koordinator aksi.

Tak hanya itu, mahasiswa juga menyuarakan agar pemerintah dan aparat keamanan menghentikan kriminalisasi terhadap aktivis HAM. “Mendesak kriminalisasi oknum mahasiswa dan masyarakat sipil yang saat ini masih ditahan. Kami meminta aparat keamanan melepaskan aktivis atau mahasiswa yang sebenarnya tidak melakukan pelanggaran,” tegasnya.

Mahasiswa Universitas Merdeka Malang ini juga menyuarakan tentang penolakan keras imunitas terhadap oknum pelanggar hak asasi manusia. “HAM kita direbut. Untuk itu, DPR RI haru segera merevisi UU nomor 26 tahun 2000 tentang pengadilan HAM tentang perluasan kewenangan Komnas HAM untuk mengusut kasus pelanggaran HAM pada ranah yudisial,” ujarnya. 

“Kami meminta pemerintah untu segera membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) untuk kasus pelanggaran HAM,” imbuh Mahmud. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00