• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Perbankan

Apkrindo Malang Sambut Baik Kebijakan Pemasangan ‘Tapping Box’

5 December
14:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang bekerjasama dengan Bank Jatim telah memasang Tapping Box pada sejumlah mesin kasir restoran, hotel, tempat hiburan, dan lokasi parkir. Dengan adanya alat tersebut, pendapatan pajak dari wajib pajak akan diketahui secara lebih akurat atau real time. 

Kebijakan itu pun mendapatkan dukungan dari Asosisasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Malang. “Kami mendukung karena ini program untuk pemungutan pajak yang lebih efisien dan transparan,” kata Ketua Apkrindo Malang, Indra Setiyadi, Kamis (5/12/2019).

Hanya saja, pihaknya berharap pemasangan alat ini merata ke seluruh wajib pajak yang disasar. “Bagi saya hal seperti ini sangat kita harapkan, tetapi dari pihak pemerintah harus kembali melakukan pemetaan ulang terhadap wajib pajak di Malang. Sehingga ada jaminan tanggung jawab semua pelaku usaha terhadap program pemerintah. Ada asas keadilan untuk mendukung program ini,” ungkap pria yang juga pemilik RM Kertanegara ini.

Karena pertumbuhan di usaha kuliner di kota ini sangat luar biasa. Jika lepas dari pengawasan BP2D akan terjadi persaingan yang tidak sehat diantara pelaku usaha. Selama ini pelaku usaha selalu berpikir ada yang ramai tetapi tidak dikenai pajak, jadi ada rasa kecemburuan,” sambungnya.

Bahkan ia pun mengusulkan jika Pemkot Malang membuat website yang berisi tentang informasi nilai pajak yang harus dibayarkan setiap wajib pajak di dunia usaha. “Syukur-syukur kalau ada website untuk kontrol, wajib pajak juga bisa melihat. Karena banyak pelaku usaha rertoran yang menggunakan kasir manual, itu rawan terjadi kebocoran,” tandas Indra. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00