• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata & Lingkungan Hidup

Bersolek, Ekowisata Boonpring Andeman Siap Hadapi Tahun Wisata 2020

21 November
14:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang : Tahun depan tampilan Ekowisata Boonpring Andeman di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, ini bakal lebih mewah lagi. Hal itu dikarenakan adanya rencana pengembangan yang sudah dirumuskan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kertoraharjo, selaku pengelola tempat wisata tersebut.

Direktur BUMDes Kertoraharjo Samsul Arifin menyebut bila tahun depan akan ada pembangunan kolam renang berstandar nasional. Rencana tersebut diprediksi butuh biaya Rp 900 juta, " Selain itu kami juga tengah merancang pembangunan galeri khusus untuk menjual oleh-oleh dan souvenir, " katanya.(21/11/2019)

Ada juga rencana pembangunan gedung pertemuan, yang kelak akan digunakan untuk rapat warga desa dan juga untuk tempat acara-acara yang diselenggarakan di Boonpring Andeman, " Pembangunannya sudah berlangsung. Kami sudah menganggarkan sekitar Rp 500 juta untuk membuat fasilitas penunjang wisata ini, " tutur Samsul.

Bila dirinci, ada dana Rp 1,4 miliar yang dibutuhkan untuk menambah fasilitas-fasilitas tersebut. Untuk kebutuhan dana, Samsul menyebut ada beberapa sumber lain, selain bersumber dana desa (DD), " Ada bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), " ujarnya.

Saat ini untuk menghadapi lonjakan pengunjung di momen pergantian tahun, Samsul mengaku bila pihaknya bakal menyiapkan perluasan tempat parkir, " Kami juga akan menambah keamanan karena masih banyak tempat yang sekiranya berbahaya dan licin untuk anak-anak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung saat momen pergantian tahun bisa meningkat beberapa kali lipat, sehingga perlu dipersiapkan lebih awal agar wisatawan merasa aman dan nyaman, " pungkasnya.(Van)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00