• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Life Style & Info Publik

Seleksi CPNS, Pemohon Layanan SKCK di Malang Meningkat

14 November
10:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Dibukanya pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) berdampak pada peningkatan permohonan layanan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Polres Malang Kota. Ratusan warga yang mayoritas anak muda ini antre sejak pagi hingga siang hari.

Sofianah, salah seorang warga mengaku antre sejak pagi agr bisa mendapatkan pelayanan SKCK. Ia baru pertama kali mendaftar sebagai CPNS. "Baru lulus kuliah, sehingga baru pertama kali membuat SKCK dan mendaftar CPNS. Semoga saja bisa lolos," ujarnya, Kamis (14/11/2019).

Warga Kecamatan Blimbing ini menilai pelayanan pembuatan SKCK di Polres Malang Kota sebenarnya relatif cepat, jika semua persyaratannya juga lengkap. Namun banyaknya warga yang ingin membuat SKCK, membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk penyelesaian. "Saya bikin SKCK sekitar dua jam menunggu," tutur wanita berkacamata ini. 

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Marhaeni mengakui jika pemohon SKCK memang meningkat sejak pendaftaran CPNS dibuka. Rata-rata, ada 100 hingga 150 orang yang datang ke Mapolres Malang Kota untuk membuat SKCK. “Sejak pekan lalu sudah mulai banyak yang antre, rata-rata memang untuk kepentingan persyaratan daftar CPNS," tutur Ipda Marhaeni.

Menurutnya, untuk mengurus SKCK sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Sebab para pemohon hanya diminta mengisi blanko, sidik jari hingga penerbitan SKCK. Namun, ada beberapa dokumen yang harus disetor lebih dulu yakni pas foto 4x6, fotocopy KTP dan KK, dan fotocopy akte kelahiran. "Sedangkan untuk memperpanjang SKCK, tidak perlu mengisi form lagi, hanya melampirkan SKCK yang lama,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00