• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Lanud Abdulrachman Saleh Malang Siap Dukung Program TMC di DAS Brantas

14 November
09:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Lanud Abdulrachman Saleh Malang siap mendukung program Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas. Dukungan TMC itu dilakukan untuk membantu kawasan di Jawa Timur yang membutuhkan air atau membutuhkan air hujan. 

Sehubungan program pekerjaan TMC untuk daerah aliran Sungai Brantas Provinsi Jawa Timur dari Balai Besar TMC BPPTLanud Abdulrachman Saleh akan berupaya mendukungnya dengan sebaik-baiknya. Kita berharap melalui kerjasama berbagai pihak program pemerintah ini akan dapat terlaksana dengan lancar, aman dan terarah seperti harapan kita bersama," kata Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Hesly Paat, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, pada bulan September lalu Lanud Abdulrachman Saleh melalui pesawat Cassa 212 dari Skadron Udara 4 juga telah mendukung BPPT dalam kegiatan TMC di Pekanbaru dan Pontianak. Pesawat dari Lanud Abd Saleh ikut membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang ada di Provinsi Riau serta Provinsi Kalimantan Barat dan sekitarnya. 

"Melalui kerjasama semua pihak yang terkait, kegiatan teknik modifikasi cuaca tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman. Semoga upaya kita semua dalam mengupayakan TMC untuk DAS Brantas dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan warga Provinsi Jawa Timur," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Balai Besar TMCBPPT, Tri Handoko Seto mengungkapkan, pelaksanaan TMC menggunakan pesawat merupakan hal yang penting dilakukan, agar daerah aliran Sungai Brantas dapat segera teraliri air hujan.  

"TMC adalah upaya menebar garam di udara yang mengandung awan,  sehingga dari awan yang tergarami dapat menimbulkan awan hitam dan dapat berpotensi menimbulkan hujan," ungkap Tri.

Melalui musim awal hujan saat ini, sambungnya, diharapkan debit dan kondisi air Sungai Berantas yang telah minimal pulih secara bertahap. "Sehingga dengan TMC DAS Brantas ini, diharapkan akan memulihkan aliran Sungai Brantas, juga aktifitas masyarakat yang bergantung sungai di sepanjang aliran sungai ini," tandasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00