• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata & Lingkungan Hidup

Kota Batu Ditunjuk Jadi Daerah Pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Aliran Sungai

11 November
14:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Batu: Kota Batu ditunjuk sebagai salah satu daerah pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GN PDAS) pada 4-5 Desember 2019 mendatang. Penunjukan Kota Batu oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lantaran kota wisata ini berada di hulu DAS Brantas yang mengaliri 14 kota/kabupaten di Jawa Timur. 

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso mengatakan, rencananya pencanangan GN PDAS yang digelar selama dua hari itu akan ditempatkan di area model konservasi dan edukasi (amke) Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan/Kota Batu. Dalam kegiatan tersebut, rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. ”Kami sudah meninjau secara langsung lokasi pencanangan, apalagi nanti akan dihadiri RI1,” kata Punjul, Senin (11/11/2019).

Menurutnya, dipilihnya Kota Batu sebagai daerah pencanangan gerakan nasional tersebutkarena beberapa pertimbangan. Yakni karena DAS Brantas di Kota Batu masuk salah satu dari 15 DAS prioritas nasional. “Selain itu, Kota Batu juga memiliki Area Model Konservasi dan Edukasi (AMKE) di Desa Oro-oro Ombo. Kota Batu juga memiliki lahan Area Penggunaan lLain (APL) yang berbatasan langsung dengan hutan lindung Panderman dan berfungsi sebagai kawasan lindung,’” ungkapnya.

Dalam peninjuan lokasi yang telah dilakukannya, Punjul menila masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperbaiki sebelum kedatangan Presiden. “Beberapa diantanraya yang tengah dipersiapkan seperti perbaikan lampu mati, penentuan titik parkir, persiapan tempat istirahat, tempat pameran, hingga lokasi penanaman pohon,” pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00