• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Perbankan

Toko Modern di Kota Batu Wajib Pasarkan Produk UMKM

11 November
12:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Batu: Keberadaan toko modern di wilayah Kota Batu selama ini dinilai menjadi salah satu faktor matinya sejumlah sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menanggapi hal itu, Pemerintah Kota Batu pun membuat sebuah kebijakan, yakni toko modern di kota wisata diwajibkan untuk bekerjasama dengan sektor UMKM. Dengan begitu, pengembangan perekonomian sektor UMKM dan swalayan modern di Kota Batu bisa berjalan beriringan.

“Kami tidak ingin menghalangi investor dan pelaku usaha untuk berkontribusi di Kota Batu. Tetapi mereka harus ikut membantu berkontribusi pada pengembangan UMKM,” kata Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, Senin (11/11/2019).

Menurutnya, jika toko modern tidak tidak menggandeng produk UMKM, maka Pemkot Batu tidak akan mengeluarkan izin operasional toko modern tersebut. “Dengan sinergi itu, maka keluhan pelaku umkm terkait pemasaran semakin teratasi,” tuturnya.

Dii sisi lain, Punjul juga mengingatkan kepada pelaku UMKM di Kota Batu untuk memenuhi persyaratan agar produk yang dimiliki bisa lolos pemasaran. “Produk UMKM harus juga harus berbenah, harus punya packaging yang baik serta mengurus izin dari BPOM untuk produk makanan. Ini demi kebaikan pelaku umkm sendiri dengan tidak membebankan persyaratan pada pihak toko modern,” ungkap Punjul.

Selain memfasilitasi pemasaran UMKM di toko modern,    Pemkot Batu juga berencana akan mendirikan laboratorium makanan di kawasan Jalan Abdul Ghani. “Dengan begitu, pelaku UMKM tidak perlu jauh-jauh keluar daerah Batu,” pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00