• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Kepatuhan Meningkat, Angka Kecelakaan Lalin di Kota Malang Menurun

25 October
16:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kepatuhan warga Kota Malang dalam berlalulintas dinilai semakin meningkat. Hal itulah yang membuat angka kecelakaan lalu lintas di kota pendidikan cenderung menurun akhir-akhir ini. Hal tersebut diungkapkan Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro, Jumat (25/10/2019). Untuk itu, operasi Zebra Semeru yang digelar kepolisian sejak 23 Oktober hingga 5 November 2019 diharapkan menjadi media untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat akan berlalu lintas. 

Ia mengungkapkan, jika dibandingkan dengan operasi Zebra Semeru di tahun sebelumnya, operasi di tahun 2018 tercatat mengalami penurunan hingga 60 persen. “Di tahun 2019 target kami angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan lagi, dengan catatan masyarakat harus lebih tertib berlalu intas,” ujar Galang.

Hingga Oktober 2019, Satlantas Polres Malang Kota mencatat angka kecelakaan lalu lintas menurun 22 persen dibandingkan tahun 2018. “Selama 2018 ada 90 korban meninggal akibat kecelakaan, sedangkan di tahun ini ada 66 korban meninggal yang mayoritas pengguna kendaraan roda dua. Mudah-mudahan sampai akhir tahun Ini angka kecelakaan bisa terus ditekan demi mewujudkan zero accident,” katanya.

Pelanggaran berupa melawan arus ternyata menjadi penyebab utama kecelakaan di kota pendidikan. “Penyebab utamanya adalah banyak masyarakat kita yang melanggar marka dan melawan arus. Sehingga itu banyak menyebabkan fatalitas kecelakaan,” tutur Galang.

Sementara itu, Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander mengimbau warga untuk mentaati aturan lalu lintas sekaligus melengkapi surat-surat dalam berkendara. Sebab, petugas kepolisian tidak akan segan untuk memberikan sanksi tilang bagi pengendara yang melanggar, khususnya di momen pelaksanaan operasi Zebra Semeru. “Dalam operasi Zebra Semeru kali ini 80 persen dilakukan penindakan. Penindakan ini demi kedisiplinan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” tandas Kapolres. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00