• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi & Perbankan

Cuaca di Malang Buruk, Harga Ikan Laut di Pasar Naik

23 October
12:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Cuaca buruk berupa angin yang terjadi di wilayah Malang dan sekitarnya berdampak pada ketersediaan ikan laut di pasaran. Angin kencang itu terjadi seiring dengan masa peralihan musim atau pancaroba. Selama dua pekan terakhir, stok ikan laut menurun hampir 50 persen dibandingkan saat cuaca sedang baik. 

“Stok ikan terbatas, bahkan beberapa jenis ikan laut seperti ikan dorang beberapa hari ini stoknya kosong,” kata Anies, pedagang ikan laut di Pasar Besar Malang, Rabu (23/10/2019).

Stok yang terbatas itu otomatis membuat pedagang terpaksa menaikkan harga ikan laut. Kenaikannya sekitar 20 persen atau rata-rata naik Rp 5 ribu per kilogram untuk setiap jenis ikan laut. Untuk ikan Kakap misalnya, harganya kini naik menjadi Rp 55 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram. Namun untuk cumi-cumi, harganya justru turun dari Rp 75 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogram.

“Sedangkan ikan Kerapu naik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 65 ribu per kilogram. Sementara ikan Tengiri jika biasanya harganya Rp 70 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilogram. Begitu juga dengan jenis ikan Baracuda naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram,” paparnya.

Menurut Anies, meski stok terbatas, namun pedagang tidak bisa menaikkan harga secara signifikan. Pasalnya, mahalnya harga ikan dikhawatirkan membuat daya beli masyarakat terus turun. “Antusias pembeli turun, kita juga tidak tahu penyebab pastinya apa. Kalau harga ikannya mahal, pembelinya bisa semakin sedikit,” tandas Anies.

Selama ini, Anies mendapatkan pasokan ikan laut dari nelayan di kawasan Sendang Biru Malang Selatan. Sementara untuk pasokan ikan air tawar, didapatkan dari Sidoarjo dan Pasuruan. “Kalau harga ikan air tawar seperti nila, patin, dan bandeng stabil,” pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00