• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Life Style & Info Publik

Ditarget Ratusan Miliar, Warga Kota Malang Harus Taat Bayar Pajak

18 October
15:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Warga Kota Malang didorong untuk memiliki kesadaran dan ketaatan membayar kewajiban perpajaknnya. Bahkan, Komisi B DPRD Kota Malang dan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang akan menerapkan sistem khusus untuk mengajak para Wajib Pajak (WP) untuk berperan aktif dalam menyelesaikan kewajiban perpajakannya.

Apalagi, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang mengalami kenaikan sekitar Rp 119 miliar di tahun 2020 mendatang. Jika pada tahun 2019 target perolehan pajak daerah sebesar Rp 501 miliar, maka di tahun 2020 targetnya naik menjadi Rp 620 miliar. 

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang, Lookh Mahfudz menilai, Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang perpajakan ini merupakan satu elemen penting untuk menggenjot realisasi pendapatan pajak daerah ini. " Untuk perda ini sudah dibahas di DPR dan masuk ke evaluasi gubernur. Mudah-mudahan dengan adanya perda ini bisa membantu BP2D menghimpun pajak daerah," katanya, Jumat (18/10/2019).

Selain itu, BP2D juga diharapkan terus melakukan program yang dapat menstimulus WP agar sadar pajak. Sebab, dari pajak ini pembangunan infrastruktur daerah dapat dilakukan. "Semakin sadar wajib pajak, maka semakin besar berpotensi pemerintah melakukan pembangunan-pembangunan. Sehingga pemerintah harus mempersiapkan instrumen itu," tutur politisi PAN ini.

Ia menambahkan, ada beberapa sektor pajak yang mengalami kenaikan secara signifikan, salah satunya pajak restoran. Bahkan, dalam waktu dekat, BP2D akan mengadakan program perpajakan berbasis online. "Semoga saja bisa terealisasi agar perolehan pajak bisa maksimal," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00