• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Target Makin Tinggi, Kota Malang Butuh Tenaga Pajak Berkompeten

17 October
14:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang dari sektor pajak terus naik tiap tahunnya. Jika pada tahun ini target perolehan pajak daerah sebesar Rp 501 miliar, maka di tahun 2020 mendatang targetnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni sebesar Rp 602 miliar atau angkanya naik senilai Rp 119 miliar.

Semakin tinggi target yang dibebankan pada Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, maka dibutuhkan tenaga pajak yang berkompeten agar target tersebut bisa terealisasi. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Komisi B DPRD Kota Malang, Arief Wahyudi, Kamis (17/10/2019). “Untuk merealisasikan target yang besar, butuh tenaga-tenaga yang berkompeten. Kami menyarankan agar di badan ini bisa diisi tenaga yang terampil,” katanya.

Untuk itu, dewan menyarankan pada Pemkot Malang untuk segera mengisi posisi-posisi kosong di badan penghimpun pajak daerah ini. Pasalnya, saat ini banyak posisi staf maupun pejabat struktural yang tidak terisi. "SDM rupanya banyak yang kosong. Padahal, butuh tenaga-tenaga yang betul-betul luar biasa. Kalau tenaga biasa sebaiknya jangan ditempatkan di badan ini," ungkap politisi PKB ini.

Ia pun berharap, regulasi pemerintah pusat tidak menghilangkan tenaga non PNS di pemerintah. Sebab, kinerja Tenaga Pendukung Operasional Kegiatan (TPOK) yang saat ini menjadi pendukung operasional badan yang nantinya bernama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di tahun 2020 mendatang ini. Saat ini, ada 76 TPOK yang bekerja di BP2D Kota Malang. "Mudah-mudahan regulasi pemerintah pusat tidak menghilangkan tenaga terampil TPOK, karena selama ini di lapangan maupun tenaga IT mereka itu motornya,” tandas Arief. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00