• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata & Lingkungan Hidup

Digelontor Miliaran Rupiah, Begini Kondisi Taman Buah Jeru Tumpang Malang

14 October
17:10 2019
1 Votes (4)

KBRN,Malang: Kendati telah lama tutup, tidak dioperasikan, namun wisata taman buah Jeru di wilayah Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang tetap digelontor dana miliaran rupiah. 

" Taman wisata buah ini sudah dua tahun tidak berfungsi, tutup terus begini mas," ungkap salah satu warga Dusun Ringinsongo desa Jeru Kecamatan Tumpang, Bagus kepada RRI saat ditemui di lokasi, Senin (14/10/2019).

Ia mengatakan setiap hari kondisi pintu gerbang masuk Taman Buah Jeru selalu tutup tiap hari, sehingga kondisi di lokasi terlihat sepi, tak ada pengunjung yang masuk ke lokasi wisata.

"Hanya ramai pada hari sabtu dan malam minggu saja, tapi ya di luarnya saja di panggung ini," terangnya sambil menunjuk panggung besar di depan lokasi wisata Taman Buah.

Kata Bagus, tidak ada petugas yang berjaga di lokasi itu. Padahal, Pemerintah Kabupaten Malang tahun ini telah mengalokasikan anggaran miliaran rupiah untuk lokasi Taman Buah Jeru tersebut. 

Penelusuran RRI di LPSE tercatat pada 19 Juni 2019 lalu, Dinas Pariwisata Kabupaten Malang membuka lelang untuk mengalokasikan anggaran pengembangan track wisata alam Taman Buah Jeru dengan nilai pagu paket pekerjaan senilai  Rp 3.292.250.000 dan nilai HPS Paket sebesar Rp 1.697.364.301. 

Dalam lelang tersebut dimenangkan oleh CV Mahameru dengan harga penawaran Rp 1.432.574.052, dan harga terkoreksi Rp 1.432.574.052, serta hasil negoisasi sebesar Rp 1.425.400.000.

Sementara, pantauan RRI di lokasi Taman Buah Jeru tidak terlihat adanya tanda tanda pembangunan yang baru dilangsungkan. Terlebih papan nama pekerjaan pengembangan track wisata alam Taman Buah Jeru, juga tidak terlihat dipasang di lokasi yang bisa diakses oleh publik. Bekas material, sisa sisa untuk pembangunan di lokasi itu juga tidak terlihat.

Pos penjagaan di depan gerbang masuk wisata Taman Buah Jeru  terlihat tidak ada petugas. Bahkan, saat memasuki areal gerbang utama wisata Taman Buah Jeru, gapura di bagian depan dan sejumlah icon wisata Taman Buah Jeru juga terlihat tak terawat, sebagian icon tertutup dedaunan sehingga tak bisa terbaca jelas.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara membenarkan adanya lelang pekerjaan konstruksi di Taman Buah Jeru, Tumpang, namun Ia mengaku tidak hafal persis nilai pekerjaan dan itemnya.

" Iya memang ada pekerjaan itu, tapi saya tidak hafal itemnya," kata Made.

Disinggung soal tidak terlihat adanya aktivitas pekerjaan konstruksi di lokasi wisata Taman Buah Jeru? Made justru mengatakan pada hari Jumat depan akan dilakukan pengecekan oleh Inspektorat Kabupaten Malang.

" Saya sedang rapat dengan para Kabid, Jumat dicek bersama Inspektorat ke lokasi," tambahnya.(Sp)

  • Tentang Penulis

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

  • Tentang Editor

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00