• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Kebakaran Hutan di Gunung Semeru Berangsur Padam

29 September
17:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kebakaran hutan di Gunung Semeru kini berangsur padam. Berdasarkan pantauan petugas di lapangan, saat ini terdapat titik karhut di satu lokasi di Ayek-Ayek, berupa asap tipis. Lokasi tersebut berupa tebing jurang dan cukup jauh dari jangkauan tim. 

"Jaraknya kurang lebih 5,5 kilometer dari Posko Ranupani dengan medan yang sangat terjal, sehingga tim masih melakukan pengkondisian jalur dan koordinasi lebih lanjut," kata Plt. Kasub Bagian Evaluasi, Pelaporan, dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Arifin, Minggu (29/9/2019).

Menurutnya, fokus pemadaman karhut hari ini adalah mop-up, yaitu pengendalian sisa api, bara dan asap, sehingga api dapat benar-benar padam. "Sedangkan titik-titik api yang sudah berhasil dipadamkan berada di lokasi Gunung Kepolo, Arcopodo, Kelik, Watupecah, Waturejeng, Ayek-ayek, Pusung Gendero, Ranu Kumbolo, Pangonan Cilik, Oro-oro Ombo dan Watu Tulis dengan area terdampak seluas 93.3 hektar," paparnya.

Adapun jumlah personil pemadaman sampai dengan hari ini total berjumlah 359 orang terdiri dari Petugas TNBTS, BPBD Provinsi Jatim, BPBD Lumajang, Kodim/Koramil Lumajang, Tim Kobra Polres Lumajang, Saver, Pramuka Peduli, Gimbal Alas, Komunitas Porter, Masyarakat Relawan Indonesia ACT, Masyarakat Mitra Polhut, Manggala Agni, Relawan Jagafopta, Tim Evakuasi Mandiri Ranupani, Pasrujambe, Duwet dan desa skitarnya dengan sistem shift.

"Tim yang bergerak hari ini sejumlah 11 orang dari petugas TNBTS, Masyarakat Mitra Polhut Ranupani dan Babinsa Ranupani," tandas Arifin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00