• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata & Lingkungan Hidup

Lestarikan Kebudayaan, Pemkot Malang Kuatkan Peran Budayawan dan Seniman

19 September
12:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kebudayaan dan cagar budaya kini menjadi konsentrasi Pemerintah Kota Malang untuk mewujudkan wisata heritage. Peran budayawan dan seniman pun semakin dikuatkan di kota pendidikan. Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang terus melakukan upaya sosialisasi impelemntasi undang-undang pemajuan kebudayaan dan cagar budaya.

"Dalam sosialisasi ini, tentunya kami mengajak seniman dan budayawan yang ada di Kota Malang agar mereka memahami undnag-undang yang ada, serta bagaimana mengimplementasikan pelestarian kebudayaan dan cagar budaya," kata Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni di sela kegiatan sosialisasi, Kamis (19/9/2019).

Tak hanya melibatkan seniman dan budayawan, namun juga guru, lurah, camat, dan stake holder lainnya. Harapannya, mereka mengetahui tata cara dan proses mengusulkan kegaiatn ke pemerintah yang berkaitan dengan kebudayaan dan pelestarian cagar budaya. "Kami juga melibatkan kejaksaan terkait pengawasan kegiatan," tuturnya.

Sementara itu, Walikota Malang, Sutiaji mengakui jika Pemkot Malang kini memang berkonsentrasi terhadap pelestarian budaya dan cagar budaya. Sehingga, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus lebih dahulu memahami masalah kebudayaan dan cagar budaya. "Saat ini kita konsentrasi berkaitan dengan masalah cagar budaya, karena itulah yang kini banyak diminati wisatawamn. Dengan mengumpulkan mereka, kami juga berharap budayawan dan seniman memberikan kontribusi berupa saran saran kepada kami," tandas Sutiaji. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00