• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

Dilantik menjadi Bupati Malang definitif, Rekom PKB tak akan Otomatis untuk Sanusi

18 September
12:53 2019
0 Votes (0)

KBRN,Malang: Kendati telah dilantik menjadi Bupati Malang definitif, M Sanusi yang merupakan Wakil Ketua Dewan Tanfidz Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang tidak akan otomatis mendapatkan tiket untuk mengendarai PKB sebagai kendaraan politik dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang tahun 2020 mendatang.

" Iya memang rekom PKB tidak otomatis diberikan, ada mekanisme sendiri di pusat," ungkap Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Sa'dullah kepada RRI, Rabu (18/9/2019).

Ia menjelaskan, dilantiknya Bupati Malang definitif tidak serta merta membuat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB memberikan rekomendasi kepada Wakil Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Kabupaten Malang menjadi Bakal Calon Bupati yang diusung PKB, sebab proses turunnya rekomendasi itu melalui mekanisme yang diatur oleh DPP.

Mekanisme dimaksud, diantaranya melalui proses jajak pendapat, survey dan sejumlah hal yang dijadikan parameter untuk dirumuskan guna mengeluarkan rekomendasi sebagai Bakal Calon Bupati melalui PKB. Rekomendasi itu yang menjadi salah satu syarat bagi KPU untuk menerima pencalonan Kepala Daerah yang diusung parpol.

"Terserah keputusan DPP yang dirumuskan melalui jajak pendapat, survey dan parameter lainnya sesuai mekanisme yang telah ditentukan," terangnya.

Sa'dullah menyebut, selain Sanusi juga ada beberapa kader PKB lain yang dinilai juga layak mengikuti perhelatan Pilkada Kabupaten Malang 2020 mendatang, diantaranya Ali Ahmad atau Gus Ali, H Kholiq. Bahkan, di luar PKB juga ada kader NU yang dianggap berpeluang mendapatkan rekomendasi dari PKB seperti Hasan Abadi dan dokter Umar.

" Semua kader dan tokoh masyarakat berpeluang mendapat rekom PKB," tegasnya.

Disinggung soal pesan DPC PKB kepada Sanusi yang telah dilantik menjadi Bupati Malang definitif pada Selasa (17/9/2019) kemaren? Sa'dullah menegaskan sebagai kader PKB harus mampu mengemban tugas dan amanah partai, sehingga bisa memberi manfaat kepada masyarakat Kabupaten Malang. Juga bisa meneruskan hal yang menjadi cita cita serta visi misi PKB.

Sa'dullah yang juga Ketua Barisan Penggerak (Barak) Bangsa itu mengatakan, raihan suara PKB Kabupaten Malang dalam pemilihan legislatif (Pileg) lalu adalah hasil kerja keras bersama para legislator dan mesin politik PKB, sehingga dari 8 kursi, kini meraih 12 kursi di DPRD Kabupaten Malang.

" Alhamdulillah kerja keras bersama Caleg dan Pengurus PKB, mesin politik PKB kursi kami hampir sama dengan PDI Perjuangan," tambahnya.(sp)

  • Tentang Penulis

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

  • Tentang Editor

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00